Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mukhtarudin: Penyerapan Anggaran PEN Harus Ditingkatkan

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 01 September 2021 - 16:46 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi dan mempercepat pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19, maka Anggota Badan Anggaran DPR RI Mukhtaruddin mendesak pemerintah untuj meningkatkan penyerapan anggaran pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Mukhtaruddin mengatakan hingga periode Agustus 2021, saat ini pemerintah baru dapat menyalurkan anggaran PEN sebesar 326 triliun dari total 755 triliun. Angka ini terbilang rendah dan jauh dari target realisasi yang dulu dicanangkan.

"Penyerapan PEN baru mencapai 43,9 persen, melalui pencairan bantuan sosial dan insentif bagi dunia usaha dan tenaga kesehatan. Untuk itu, realisasinya harus digenjot," kata Mukhtarudin kepada Borneonews, Rabu 1 September 2021.

Menurutnya dalam kondisi saat ini seluruh elemen masyarakat seharusnya mendapatkan stimulus bantuan dari pemerintah, dalam rangka meningkatkan daya beli.

Mukhtarudin mengharapkan pemerintah bisa mengoptimalkan serapan daripada Dana PEN ini, sehingga betul - betul cepat tersalurkan ke masyarakat yang terutama dalam konteks kesehatan, bantuan-bantuan usaha dan lain-lain.

"Realisasi program prioritas harus dikedepankan, khususnya pada klaster perlindungan sosial dan kesehatan yang baru terserap 35,9 persen," tuturnya.

Politisi Partai Golkar ini mendorong agar pemerintah terus melakukan langkah percepatan melalui kebijakan pengucuran dana kesetiap daerah, sehingga program pemulihan ekonomi nasional berjalan efektif.

"Pemerintah harus mempercepat kinerja dan merealisqsikan erapan anggaran, sebab tahun anggaran tinggal sebentar lagi, dengan begitu dapat memicu pertumbuhan ekonomi, baik belanja sosialnya, bantuan ke UMKM dan lain-lainnya" pungkasnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru