Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kobar Terus Lakukan Percepatan Pendataan Penduduk

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 28 Maret 2022 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Pemkab Kobar) terus melakukan percepatan pendataan penduduk. Sampai saat ini, jumlah penduduk di kabupaten tersebut tercatat 266.779 jiwa. 

Pendataan yang diintensifkan itu karena adanya dorongan dari DPRD Kobar, mengingat masih banyak warga yang belum terdata sebagai penduduk Kobar.

"Soal pendataan penduduk ini terus diintensifkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kobar," kata Bupati Kobar Nurhidayah.

Termasuk, Bupati juga telah meminta Dinas melakukan pendataan hingga ke desa dan kelurahan di enam kecamatan. Hal ini tentunya untuk mengakomodir masyarakat yang sudah lama tinggal, namun tidak memiliki KTP Kobar.

"Sesuai dengan data terakhir bahwa jumlah penduduk di Kobar hingga akhir 2021 lalu mencapai 266.779 jiwa. Ini bakal bertambah seiring waktu," katanya.

Jumlah tersebut ada kenaikan sekitar 11 ribu jiwa dibandingkan dengan tahun 2020. "Jika jumlah penduduk semakin banyak, maka ini sebagai upaya untuk mengambil kebijakan kedepan," bebernya.

Dia melanjutkan, jika jumlahnya mencapai 300 ribu jiwa, maka bisa diusulkan untuk penambahan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Barat. Penambahan kursi dari 30 menjadi 35 orang wakil rakyat.

"Maka dari itu pendataan kita masifkan, agar kedepan ada penambahan yang besar. Bisa kita usulkan ke komisi pemilihan umum (KPU) untuk penambahan kursi di DPRD Kobar," pungkasnya. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru