Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wali Kota Palangka Raya Minta Panitia Kurban Tidak Gunakan Kantong Plastik

  • Oleh Hendri
  • 06 Juli 2022 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin meminta panitia kurban tidak menggunakan kantong plastik untuk membungkus daging saat pelaksanaan penyembelihan hewan kurban pada Iduladha tahun ini.

"Pada saat penyembelihan kurban nanti, panitia agar menyediakan bakul purun, besek bambu, besek daun kelapa, besek daun pandan, daun jati dan daun pisang sebagai pengganti kantong plastik untuk mengemas daging kurban," katanya, Rabu, 6 Juli 2022.

Panitia pelaksanaan kurban juga diimbau selalu menjaga dan mengendalikan kebersihan lingkungan di tempat penampungan dan pemotongan hewan kurban. Masyarakat penerima daging hewan kurban juga diminta dapat membawa wadah secara mandiri dengan bahan yang ramah lingkungan seperti menggunakan tas belanja.

Ketentuan tersebut juga telah ditetapkan melalui Surat Edaran (SE) Nomor 940/DLH/II.1/VI/2022 tentang Pelaksanaan Hari Raya Iduladha Tanpa Sampah Plastik. Ketentuan dalam surat edaran itu sesuai Surat Edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (MENLHK) tentang Pelaksanaan Hari Raya Tanpa Sampah Plastik.

"Surat edaran ini telah disampaikan kepada panitia kurban masjid, langgar, musala. Semoga bisa dilaksanakan dan ditaati dengan baik," harapnya.

Dengan melaksanakan poin-poin yang tercantum di dalam surat edaran tersebut, masyarakat juga mendukung dan berperan langsung pada program pengurangan dan penanganan sampah. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru