Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Kelurahan Murung Keramat Disosialisasikan Penanaman Metode Hidroponik

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 04 Agustus 2022 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Warga Kelurahan Murung Keramat terdiri dari ibu-ibu rumah tangga, perwakilan kelompok tani, dan karang taruna diberikan sosialisasi penanaman sayuran metode hidroponik mendukung ketahanan pangan rumah tangga.

Sosialisasi diinisiasi oleh mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan Tahun 2022 di Kelurahan Murung Keramat, Kecamatan Selat.

Menurut salah satu perwakilan mahasiswa, Nurun Nadhifah menuturkan pelaksanaan sosialisasi dilakukan di Kantor Kelurahan Murung Keramat, ia menjelaskan dalam sosialisasi terkait praktek penanaman sayuran metode hidroponik terdapat satu pemateri dari perwakilan KKN Kebangsaan tahun 2022 yang memaparkan materi terkait penanaman sayuran metode hidroponik yakni Yulian Tri Setyo Pamungkas dari Universitas Palangka Raya.

Disampaikan Yulian bahwa ada lima cara penanaman hidroponik yaitu Sistem Wick, Nutrient Film Technique, Deep Water Culture, Ebb and Flow, Drip System.

"Manfaat penanaman sayuran dengan metode hidroponik yaitu secara ekonomi menguntungkan, lebih cepat panen, terbebas dari hama dan penyakit, lebih hemat tenaga dan waktu, serta tidak memerlukan lahan yang luas," katanya, Kamis, 4 Agustus 2022.

Selain itu tidak hanya memaparkan materi tetapi peserta mengikuti praktek penanaman hidroponik secara langsung.

Sementara, Lurah Murung Keramat Bella Saputra, menyampaikan bahwa daerah Kelurahan Murung Keramat adalah wilayah pasang surut, dimana saat musim air pasang dibutuhkan media hidroponik untuk penanaman sayuran agar pertumbuhan tanaman tidak terpengeruh.

“Dikarenakan hidroponik menggunakan media yang terbuat dari material atau bahan selain tanah yang digunakan sebagai tempat tumbuh dan berkembangnya akar tanaman,” ucapnya. Seperti yang diketahui bahwa pekarangan dan pemukiman di Kelurahan Murung Keramat sering terdampak air pasang, karenanya diharapkan metode hidroponik dapat dikembangkan warga. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru