Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Presiden RI Berikan Penghargaan Pemda Berstatus Universal Health Coverage

  • Oleh Testi Priscilla
  • 15 Maret 2023 - 04:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin memberikan penghargaan kepada 22 Provinsi, 334 kabupaten dan kota yang telah mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat atau JKN-KIS, termasuk Provinsi Kalimantan Tengah.

BPJS Kesehatan Cabang Kota Palangka Raya melalui rilisnya kepada Borneonews menuturkan bahwa, Wakil Presiden Indonesia mengatakan, JKN-KIS sebagai program strategis nasional mendorong terwujudnya Cakupan Kesehatan Semesta atau Universal Health Coverage yang disingkat UHC di Indonesia.

"Dengan tercapainya UHC di setiap daerah, saya juga mengapresiasi komitmen Pemda khususnya dalam melaksanakan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional atau JKN," kata Wapres dalam rilis tersebut.

Sementara itu, Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Tengah sukses mencapai cakupan semesta jaminan kesehatan atau Universal Health Coverage atau UHC. Terhitung sejak 1 Maret 2023, sebanyak 2.542.310 jiwa penduduk Provinsi Kalimantan Tengah telah terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional atau JKN dari total jumlah penduduk 2.672.790 jiwa atau sebesar 95.12 persen.


Artinya, hampir seluruh masyarakat di Provinsi Kalimantan Tengah telah memiliki payung perlindungan untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Edy Pratowo mengungkapkan apresiasi serta rasa bangganya atas pencapaian UHC di daerahnya.

"Kita Pertama-tama kita berterima kasih bahwa Kalimantan Tengah mencapai kepesertaan 95 persen perlindungan kesehatan kepada masyarakat Kalimantan Tengah. Ini juga berkat kerja kompak, kerja bareng kita betapa pentingnya pemberian jaminan kesehatan bagi masyarakat dalam rangka mendukung sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing, sehingga bidang kesehatan merupakan hal yang sangat mendasar untuk memberikan jaminan kepada masyarakat agar bisa mewujudkan apa yang kita inginkan,” ujar Wakil Gubernur Kalimantan Tengah. (TESTI PRISCILLA/Y)

Berita Terbaru