Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ketapang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polres Kapuas Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 01 Juni 2023 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Polres Kapuas menggelar upacara memperingati Hari Lahir Pancasila, bertempat di lapangan apel Mapolres setempat, Kamis, 1 Juni 2023.

Tema peringatan Hari Lahir Pancasila yang diperingati tanggal 1 Juni tahun 2023 yakni “Gotong Royong Membangun Peradaban Dan Pertumbuhan Global”.

Kapolres Kapuas AKBP Kurniawan Hartono, dalam sambutannya membacakan amanat Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo yang di dalamnya menjelaskan bahwa Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi Negara dan pandangan hidup Bangsa yang digali oleh para “Pendiri Bangsa” merupakan suatu anugerah dari Tuhan YME untuk Bangsa Indonesia.

Karenanya mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk dapat bersama-sama menerapkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, serta menjadikan pancasila sebagai pedoman hidup serta pembimbing jalan bagi masyarakat Republik Indonesia. 

Setelah pelaksanaan upacara, Kapolres Kapuas mengatakan bahwa pelaksanaan upacara setiap tahun di gelar untuk memperingati nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia sekaligus dasar negara yang diterangkan dalam Pembukaan UUD 1945. 

“Sebagai anggota Polri kita harus menghayati Pancasila serta mendegungkan kepada masyarakat bahwa falsafah Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah Pancasila dengan mewujudkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam pelaksanaan tugas untuk melindungi, melayani serta mengayomi masyarakat," ucapnya.

Kapolres juga berharap dari upacara yang dilaksanakan tersebut bisa menjaga dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. (DODI RIZKIANSYAH/J)

Berita Terbaru