Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gara-Gara Bakar Sampah, Dua Hektar Semak Belukar Hangus Terbakar

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 04 Juni 2023 - 10:30 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Gara-gara ada salah seorang warga di Kecamatan Bulik, Kabupaten Lamandau, membakar sampah di sekitar Jalan 60, Balai Pertanian, Kabupaten Lamandau, semak belukar seluas dua hektar hangus terbakar.

Akibat ulah warga tersebut, tim reaksi cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lamandau sempat kesulitan dalam mengatasi kobaran si jago merah. Karena kebakaran yang terjadi pada Sabtu, (3/6/2023) itu baru bisa dipadamkan menjelang petang.

“Setelah mendapatkan telepon laporan kebakaran, kami melakukan pemadaman api di sekitar Jalan 60, Balai Pertanian Kabupaten Lamandau,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lamandau, Gustoni saat dikonfirmasi pada Minggu, 4 Juni 2023.

Penyebab kebakaran, terang dia, berawal dari aktivias warga yang membakar sampah. Karena cuaca sedang panas, api merembet ke rumput ilalang di sekitarnya, kemudian meluas.

“Lahan yang terbakar berupa semak belukar. Dari laporan anggota di lapangan, untuk luasan terbakar kurang lebih 2 hektar,” bebernya.

Menurutnya, sudah beberapa kali terjadi kebakaran lahan akibat membakar sampah. Dia mengimbau masyarakat lebih waspada terhadap api saat memasuki musim kemarau. Banyak semak belukar yang mengering dan mudah terbakar.

“Ini sudah kesekian kalinya kebakaran karena kelalaian membakar sampah di lahan pekarangan. Semoga tidak terulang kembali,” harapnya. (HENDI NURFALAH/H)

Berita Terbaru