Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengerjaan Proyek Pemerintah Harus Memperhatikan Kualitas

  • Oleh Donny Damara
  • 19 Juni 2023 - 11:25 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi IV DPRD Kalteng, HM Sriosako meminta agar pengerjaan proyek pemerintah di sejumlah sektor utamanya infrastruktur jalan dan jembatan supaya memperhatikan kualitas.

Dia mengatakan, kualitas harus diutamakan agar keberadaan infrastruktur itu bisa awet dan bertahan lama, sebab jika pengerjaannya asal-asalan maka akan lebih cepat rusak dan pastinya akan mengluarkan banyak anggaran untuk perbaikan.

"Anggaran untuk perbaikan itu sebisa mungkin diminimalisir, jadi pengerjaan proyek pemerintah jangan asal-asalan. Perhatikan kualitasnya supaya bisa bertahan lama dan tidak selalu memperbaiki setiap mengalami kerusakan begitu cepat," ucapnya, Senin, 19 Juni 2023.

Disebutkannya bahwa, dalam pengerjaan proyek pemerintah atau infrastruktur ketika pada saat dilakukan lelang, pemda atau instansi terkait harus benar-benar memperhatikan kontraktor yang akan mengerjakan proyek tersebut secara hati-hati.

Jangan sampai kontraktor yang mengerjakannya tidak bertanggungjawab, sebab dalam hal proyek pembangunan pastinya anggaran yang dikeluarkan tidaklah sedikit, sehingga kulitas harus diutamakan dan benar-benar dikerjakan secara profesional.

Di sisi lain, untuk menjaga infrastruktur khususnya jalan dan jembatan bisa bertahan lama, pemerintah juga perlu menertibkan kendaraan angkutan yang kerap kali melebihi tonase. Pasalnya, hingga sampai saat ini masih banyak yang melanggar peraturan tersebut.

"Kendaraan angkutan yang melebihi tonase ini salah satu yang mengakibatkan cepatnya infrastruktur rusak, itu harus ditertibkan. Ditambah lagi jika pengerjaan jalan dan jembatan yang asal-asalan maka akan lebih mempercepat kerusakannya. Jadi, tekait hal-hal ini harus diperhatikan," tandasnya. (DONNY D/J)

Berita Terbaru