Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disperindagkop UKM Kobar Gelar Pelatihan Kewirausahaan Membangun Transformasi Digital Bisnis

  • Oleh Wahyu Krida
  • 19 Juni 2023 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Disperindagkop UKM Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM RI melalui DAK Non Fisik Tahun Anggaran 2023 menggelar Pelatihan Kewirausahaan Angkatan II. Pelatihan ini untuk mengembangkan kemampuan digitalisasi dalam mengelola bisnis. 

Kepala Dinas Perindagkop UKM Alfan Khusnaini usai pembukaan kegiatan, Senin, 19 Juni 2023 menjelaskan dalam pelatihan yang digelar hingga 21 Juni 2023 ini mengambil tajuk “Membangun Transformasi Digital Bisnis” yang diperuntukan bagi pelaku UMKM se-Kabupaten Kotawaringin Barat. 

"Harapannya dengan mengikuti pelatihan ini pelaku UMKM dapat meningkatkan dan mengembangkan kemampuan digitalisasi dalam mengelola bisnis mereka. Peserta pelatihan berjumlah 25 orang pelaku UMK yang berasal dari Kecamatan Arut Selatan dan Kecamatan Kumai," jelas Alfan Khusnaini.

Alfan Khusnaini memgatakan ia juga  berharap agar kegiatan pelatihan ini dapat menambah wawasan, pengetahuan dan menambah pengalaman dalam hal digitalisasi bisnis.

"Sehingga hasilnya bisa diimplementasikan oleh seluruh pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnis mereka. Karena kontribusi pelaku umkm dalam menopang perekonomian nasional sangat besar dikarenakan hampir sekitar 80 persen penyerapan tenaga kerja berasal dari pelaku UMKM," jelas Alfan Khusnaini.

Bahkan, menurut Alfan Khusnaini, pengadaan barang dan jasa di lingkup Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat pun sekitar Rp 10 - 20 milyar diperuntukkan bagi pelaku UMKM.

Di tempat yang sama Kabid UMKM Maryami yang juga merupakan Ketua Panitia pelatihan mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai digitalisasi pada bisnis. 

“Sehingga harapannya pelaku UMKM dapat mengoptimalkan dunia digital sebagai sarana untuk meningkatkan omset penjualan dan memperluas jangkauan pemasaran produk mereka,” jelas Maryami.

Menurut Maryami, narasumber dalam pelatihan ini berasal dari KPP Pratama Pangkalan Bun, Universitas Antakusuma, LPSE Kabupaten Kobar, Bank BRI cabang Pangkalan Bun, dan Pengajar dari SMKN 1 Pangkalan Bun. (WAHYU KRIDA/Y)

Berita Terbaru