Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengembangan Sektor Pertanian Perlu Dimaksimalkan Dengan Inovasi

  • Oleh Donny Damara
  • 25 Juni 2023 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi II DPRD Kalteng Jainudin Karim menyebut pengembangan sektor pertanian diperlukan dalam rangka mendukung ketahanan pangan. Oleh karena itu, pengembangan sektor pertanian itu perlu dimaksimalkan dengan inovasi.

Ia mengatakan, salah satu invoasi yang bisa dilakukan dalam pengembangan sektor pertanian yaitu dengan mengembangkan sistem hidroponik rakit apung. Hal ini bisa menjadi salah satu sarana dalam mendukung ketahanan pangan keluarga ditengah inflasi kebutuhan pokok di pasaran saat ini.

"Pengembangan pertanian perlu dilakukan. Dimana selain memenuhi kebutuhan sehari-hari, hal tersebut juga sebagai antisipasi apabila terjadi inflasi kebutuhan pokok," ucapnya, Minggu, 25 Juni 2023.

Lanjutnya, sistem hidroponik rakit apung juga bisa menjadi alternatif, selain untuk ketahanan pangan keluarga juga bisa menjadi sarana penyaluran hobi serta meningkatkan minat dan kegemaran masyarakat dalam bercocok tanam.

Dirinya menerangkan, varietas tanaman atau sayuran yang bisa dikembangkan dalam sistem hidroponik rakit apung cukup beragam. Diantaranya, Selada, Sawi, Pokcoy, Seledri maupun varietas organik lainnya.

Meski diperlukan sejumlah modal dalam membangun sistem hidroponik tersebut. Ia menilai sistem ini memiliki peluang bisnis yang cukup potensial. Dengan begitu, masyarakat tidak hanya berhasil dalam memenuhi kebutuhan pokok keluarga, tetapi juga meningkatkan pendapatan keluarga.

"Sistem pertanian hidroponik ini jika diseriusi dan ditekuni, maka akan menjanjikan. Bayangkan saja, dalam skala kecil menengah ada sekitar 12 rak rakit apung dan satu kali panen bisa sampai 7.000 net pot sayuran. Harga untuk sayuran seperti pokcoy bisa sampai Rp15 ribu. Dengan harga itu, tentu akan sangat menguntungkan," imbuhnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru