Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pangdam Siap Cetak 14 Ribu Hektare Sawah

  • 31 Maret 2016 - 21:19 WIB

PENCAPAIAN swasembada pangan secara nasional dikhawatirkan tidak tercapai. Pasalnya, upaya khusus untuk mengejar target dari Presiden Joko Widodo itu, realisasinya berjalan lamban. Pemerintah menargetkan pembukaan lahan pertanian baru, seluas 200 ribu hektare. Target Kodam XII Tanjung Pura 36 ribu hektare, Korem 19 ribu hektare.

Untuk Kabupaten Kotawaringin Barat, target yang dicanangkan Kodim 1014/Pangkalan Bun, 17 ribu hektare, sampai Juni 206. Sayangnya, sampai awal April ini, baru terbuka dan tergarap 3 ribu hektare. 

'Jadi hingga bulan Juni kita mengejar target kekurangannya seluas 14 ribu hektare,' cetus Pangdam XII/TPR Mayjen Agung Risdhianto kepada Borneonews, usai menggelar acara tatap muka dengan Bupati Kobar, jajaran DPRD, sejumlah tokoh agama, masyarakat dan daerah, di Aula Pemkab Kobar, Kamis (31/3/2016).

Meski baru sebagian target yang tergarap, Pangdam memastikan tidak ada kendala yang dihadapi. Hanya terkait dengan persoalan tempo pekerjaan yang berjalan dengan lamban. Untuk itu, Pangdam sudah mengevaluasi orang-orang yang mengerjakan sawah.

'Kita harus sewa alat lagi. Saatnya kerja keras pagi, siang dan malam selama 24 jam. Tidak bisa lagi bekerja siang, kemudian malam tidur. Ini juga membuka peluang bagi warga yang bisa mengoperasikan alat-alat. Operator bisa bergantian, intinya harus bisa 24 jam,' tegasnya.

Setelah perluasan lahan pertanian selesai, program berikutnya, penanaman padi. Ia minta semua Babinsa membantu. Termasuk mengendalikan proses penyaluran bantuan bibit dan pupuk dari pemerintah kepada masyarakat. 'Pengawasan harus dilakukan agar tepat sasaran dan harganya tidak dimanipulasi.' 

Saat menghadiri Apel Danrem-Dandim Terpusat 2014, di Desa Sulung, Kecamatan Arut Selatan, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Jumat (5/12/2014), Presiden Joko Widodo meminta jajaran TNI Angkatan Darat membantu pemerintah mewujudkan swasembada pangan nasional. Targetnya harus tercapai dalam 3 tahun. 

Bupati Kotawaringin Barat, Bambang Purwanto mengucapkan terima kasih atas kunjungan Pangdam XII/TPR maupun Danrem 1012/PJG ke Kobar. Ia mengapresiasi peran Babinsa maupun Danramil dalam bidang pertanian untuk meningkatkan ketahanan pangan dan mengejar swasembada pangan secara nasional.

'Peran Babinsa dan Danramil dalam bidang pertanian sangat vital, terutama dalam meningkatkan ketahanan pangan menuju swasembada pangan,' kata Bambang Purwanto. (KK/*).

Berita Terbaru