Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Kalteng Dorong Pemda Optimalkan Potensi Penghasil PAD

  • Oleh Donny Damara
  • 27 Juli 2023 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Achmad Amur mendorong pemda agar dapat lebih mengoptimalkan potensi penghasil pendapatan asli daerah (PAD) dari berbagai sektor.

Ia mengungkapkan, ada begitu banyak sektor penghasil PAD yang perlu dioptimalkan misalnya perpajakan, retribusi, pariwisata, perusahaan daerah (perusda) dan lain-lain.

"PAD merupakan salah satu sumber anggaran untuk pembangunan, jadi perlu terus ditingkatkan melalui berbagai potensi yang ada, sehingga pembangunan pun bisa terus berlanjut," katanya, Kamis, 27 Juli 2023.

Adanya peningkatan pendapatan daerah khususnya pada tahun 2022 lalu, hal itu patut diapresiasi dan diharapkan bisa di pertahankan bahkan lebih ditingkatkan pada tahun-tahun berikutnya.

"Pemda harus mampu terus melebihi target pendapatan yang ditetapkan, maka dari itu agar bisa diwujudkan potensi-potensi yang ada supaya dapat lebih dioptimalkan lagi," ujarnya.

Disebutkannya bahwa, dengan mengoptimalkan PAD dan pendapatan itu setiap tahun meningkat maka daerah ini akan mampu mandiri kedepan dalam hal menyediakan anggaran untuk pelaksanaan pembangunan.

"Setidaknya mandiri menyediakan anggaran untuk pembangunan program daerah selain dari pusat. Sinergitas untuk upaya itu harus ditingkatkan, pastinya kita akan mendukung apapun itu untuk kebaikan daerah dan juga mensejahterakan masyarakat," tukasnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru