Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tergiur Iphone, Petugas PLN Bobol Rumah Polisi

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 09 November 2023 - 18:35 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Ingin bergaya hidup mewah, seorang pemuda JA (23) nekat bobol sembilan rumah warga Kelurahan Nanga Bulik, salah satunya milik polisi. Dari aksinya itu jutaan uang dan barang berharga berhasil digasak.

Kapolres Lamandau, AKBP Bronto Budiyono menjelaskan, pelaku yang merupakan pegawai kontrak PT PLN tersebut beraksi setelah memastikan rumah target dalam keadaan kosong. Tersangka masuk rumah korban dengan cara mencongkel jendela menggunakan pisau.

"Tersangka bekerja sebagai surveyor meteran listrik. Yang bersangkutan setiap harinya berkeliling ke rumah-rumah warga," ungkap Kapolres saat melaksanakan Pers Release di Aula Satreskrim Polres Lamandau, Kamis, 9 November 2023.

Untuk memastikan rumah korban kosong, kata Bronto, tersangka memencet bel, mengetuk pintu atau memanggil orang yang ada di dalam rumah, jika tidak ada respon, tersangka baru beraksi.

"Dari pengakuan tersangka, dia sudah beraksi di sembilan rumah korban. Dalam sehari paling banyak tersangka membobol dua rumah," bebernya.

Setelah berhasil masuk ke dalam rumah, lanjut dia, tersangka mulai mencari uang dan barang berharga lainnya. Selain menyiapkan pisau sebagai alat mencongkel jendela, tersangka juga membawa tas ransel ukuran besar untuk membawa barang curian.

"Dari tangan tersangka, kami berhasil mengamankan belasan handphone, jam tangan, emas batangan dan sejumlah barang berharga lainnya," jelas Kapolres.

Saat dilakukan penangkapan dan penggeledahan terhadap tersangka, imbuh Bronto, Polisi berhasil mengamankan satu buah Iphone 12 dan sejumlah uang hasil kejahatan tersangka.

"Uang curian digunakan tersangka untuk membeli Iphone dan memenuhi gaya hidup," tandasnya.

Akibat perbuatanya tersebut, tersangka diancam pasal 363 KUHPidana tentang pencurian disertai pemberatan dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara. (HENDI NURFALAH/j)

Berita Terbaru