Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Selayar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPKP Palangka Raya Imbau Warga Jaga Kebersihan Lingkungan untuk Cegah Ular Masuk Rumah

  • Oleh Pathur Rahman
  • 09 Februari 2024 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Palangka Raya mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah, demi mencegah masuknya binatang buas seperti ular.

Imbauan ini disampaikan menyusul beberapa kali DPKP Palangka Raya menangani evakuasi ular yang masuk ke rumah warga.

Kepala DPKP Palangka Raya Gloriana Aden mengatakan, ular biasanya mencari tempat yang lembab, gelap, dan bersembunyi di antara tumpukan sampah atau barang bekas. Oleh karena itu, ia meminta kepada masyarakat untuk tidak menumpuk sampah atau barang bekas di halaman atau pekarangan rumah mereka.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan, terutama di sekitar rumah mereka. Jangan biarkan sampah atau barang bekas menumpuk di halaman atau pekarangan rumah, karena itu bisa menjadi tempat bersembunyinya ular,” ujar Gloriana, Jumat, 9 Februari 2024.

Gloriana menambahkan, jika masyarakat menemukan ular di dalam rumah mereka, sebaiknya tidak langsung berusaha menangkap atau membunuhnya sendiri, melainkan segera menghubungi DPKP Palangka Raya untuk melakukan evakuasi. Ia mengingatkan, beberapa jenis ular bisa berbisa dan membahayakan nyawa manusia jika digigit.

Jika ada ular yang masuk ke rumah, jangan panik dan jangan coba-coba menangkap atau membunuhnya sendiri. Segera hubungi nomor 112, maka tim animal rescue DPKP akan segera datang dan mengevakuasi ular tersebut dengan cara yang aman dan profesional.

"Gloriana berharap, dengan adanya imbauan ini, masyarakat bisa lebih waspada dan berhati-hati terhadap kemungkinan ular masuk ke rumah mereka," pungkasnya. (PATHUR/H)

Berita Terbaru