Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kapuas Targetkan 2019 Penurunan Stanting Sampai 28 Persen

  • 07 November 2016 - 13:35 WIB

BORNEONEWS, Kapuas - Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat mengajak pada ayah, sebagai kepala keluarga agar berperan aktif dalam mengupayakan ketercukupan gizi bagi ibu dan anak sejak dalam kandungan hingga berusia dua tahun. Tujuannya, mencegah Stanting, atau kondisi tinggi badan di bawah standar umur yang disebabkan oleh kekurangan gizi kronis. Dalam 2019 Kapuas targetkan menurunkan angka Stanting dari 45% menjadi 28%.

Bupati Ben Brahim mengungkapkan hal tersebut dalam sambutan Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-52 dan Hari Ayah Nasional 2016,  yang dilaksanakan atas kerja sama Pemerintah Kabupaten Kapuas dengan MCA Indonesia bertajuk 'Ayah Hebat, Keluarga Sehat', di Gedung Olah Raga Panunjung Tarung Kuala Kapuas, Sabtu (5/11/2016) pagi.

Kegiatan tersebut dihadiri pejabat dari Kementerian PPN/Bappenas, Pejabat dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Ketua Tim PenggerakPKK Provinsi Kalimantan Tengah Hj. Agustiah Ningsih Habib Said Ismail beserta pengurus TP PKK Kalimantan Tengah, Ketua TP PKK Kapuas Ary Egahni Ben Bahat SH, Direktur Esekutif MCA Indonesia, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Kapuas, Para Kepala SKPD, Camat serta Para Kepala Desa dan Ketua TP.PKK Kecamatan dan Desa se Kabupaten Kapuas.

Kabupaten Kapuas menurut riset kesehatan dasar 2013 Prevalensi anak stanting 45% lebih tinggi dari Prevalensi Nasional 37%  maupun Kalimantan Tengah 41%, artinya 1 dar 2 anak di Kapuas diperkirakan Stanting.

Berpedoman dengan hasil riset tahun 2013 tersebut, Bupati Kapuas bersama Dinas Kesehatan Kapuas serta Pemerintah Pusat dan TP PKK Kapuas beserta jajaranya sampai ke tingkat desa bertekad untuk tahun 2019 menurunkan angka Stanting dari 45% menjadi 28%, sehingga anak-anak di Kabupaten Kapuas dimasa yang akan datang dapat tumbuh sehat dan memiliki masa depan yang lebih cerah.

Dalam acara tersebut juga diadakan dialog dengan Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat serta Ketua Tim Penggerak PKK Kapuas, Ary gahni Ben Bahat tentang upaya-upaya dalam rangka meningkatkan gizi bagi anak dan keluarga di Kabupaten Kapuas, serta lomba yang masak dilakukan oleh beberapa Camat maupun Bapak-bapak.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kapuas dalam dialognya menyampaikan, upaya Tim Penggerak PKK Kapuas beserta jajaranya dalam meningkatkan gizi keluarga khususnya bagi anak-anak dan balita, memberikan sosialisasi bersama tim gizi dari Kapuas ke kecamatan dan desa-desa  dalam wilayah Kapuas. Itu dilakukan dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal, serta memberikan motivasi kepada camat dan kepala desa serta Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Desa untuk berperan aktif memberikan sosialisasi dan pemahaman dalam peningkatan gizi bagi keluarga dan anak. (DJEMMY NAPOLEON/N).

Berita Terbaru