Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

ISPA Penyakit Tertingi Serang Warga Sukamara Sepanjang 2016

  • Oleh Norhasanah
  • 26 Januari 2017 - 15:46 WIB

BORNEONEWS, Sukamara ' Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) masih menempati urutan teratas dari penyakit yang ditangani oleh Puskesmas Sukamara selain penyakit-penyakit lainnya pada 2016 lalu, dan diharapkan jumlah penyakit ini dapat ditekan di tahun-tahun mendatang.

Kepala UPTD Puskesmas Sukamara Darmadi mengatakan, ISPA memang menjadi penyakit yang paling tinggi sejak beberapa tahun ini mengingat penyakit itu mudah menyerang penderita dan menular dengan cepat.

'Salah satu penyebab ISPA adalah faktor cuaca di mana saat musim kemarau asap dan debu dapat menyebabkan penyakit ini meningkat,' kata Darmadi, Kamis (26/1/2017).

Faktor penyebab tingginya ISPA menyerang warga Sukamara, imbuh Darmadi, selain karena perubahan cuaca dari musim panas ke musim hujan juga karena virus atau bakteri yang dikeluarkan oleh penderita sangat mudah menyerang penderita lainnya.

'Misalnya ada seseorang pasien terserang ISPA, saat dia batuk atau bersin akan ada ribuan virus yang keluar dan menulari warga lainnya,' kata Darmadi. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru