Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kemenag Pangkalan Bun Laksanakan Rukyatul Hilal di Teluk Bogam

  • Oleh Cecep Herdi
  • 26 Mei 2017 - 14:04 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Tim dari kantor Kementerian Agama Pangkalan Bun akan melaksanakan Rukyatul Hilal di Teluk Bogam Kecamatan Kumai Kanupaten Kotawaringin Barat (Kobar) untuk menentukan hari pertama bulan Ramadan.

Rukyatul Hilal adalah kegiatan mengamati visibilitas penampakan bulan sabit yang nampak pertama kali setelah terjadinya ijtimak (konjungsi). Rukyatul Hilal dapat dilakukan dengan mata telanjang atau dengan alat bantu optik seperti teleskop.

"Sesuai surat edaran dari kantor wilayah, kami akan melakukan rukyatul hilal insya Allah serentak sore ini. Untuk Kotawaringin Barat kami laksanakan di Teluk Bogam mulai pukul 14.30 WIB," kata Muhammad Sanusi, Penyelenggara Syariah Kantor Kementerian Agama Pangkalan Bun, Jumat (26/5/2017).

Hingga siang ini, pemerintah pusat belum menetapkan kapan awal puasa Ramadan atau puasa Ramadan dimulai. Meski begitu, Sanusi menjelaskan, hasil Rukyat di Teluk Bogam nanti sore untuk mempertegas kemunculan bulan untuk wilayah Kobar. Sementara untuk hasilnya tetap mengikuti keputusan pemerintah pusat yang biasa diumumkan dalam sidang isbat yang rencananya akan digelar Jumat malam nanti.

"Dalam sidah Isbat oleh Menteri Agama nanti diumumkan hasilnya apakah hari Sabtu (27/5/2017) atau Minggu (28/5/2017) awal puasa Ramadan. Kita mengikuti hasil dari pusat," kata Sanusi.

Sementara itu, Muhammadiyah telah menetapkan pelaksanaan awal puasa Ramadan mulai hari Sabtu. "Informasi yang kami dapat, kalau Muhammadiyah sudah menetapkan hari Sabtu, Sementara untuk NU hasilnya mengikuti pemerintah. Kita berharap tidak ada perbedaan hari pelaksanaan. Mudah-mudahan bareng, serentak," harapnya. (CECEP HERDI/B-2)

Berita Terbaru