Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bawang Dayak Berkhasiat Obati Sejumlah Penyakit 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 23 Januari 2018 - 18:42 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Banyak masyarakat yang tidak mengetahui bahwa bawang dayak memiliki banyak khasiat terutama dalam menyembuhkan sejumlah penyakit yang cukup berbahaya. 

Hal tersebut disampaikan salah satu petani di Kelurahan Mentaya Seberang Kecamatan Seranau Mohamad Zainudin. Dia menerangkan, bawang dayak merupakan sayuran yang mempunyai banyak manfaat, baik itu untuk campuran makanan maupun obat. 

"Bawang dayak ini sudah turun temurun dipergunakan oleh masayarakat dayak untuk obat," ujar Zainudin. 

Bawang dayak sendiri memiliki warna umbi merah dengan daun hijau berbentuk pita dan bunganya berwarna putih. Dalam umbi bawang dayak terkandung senyawa fitokimia yakni alkaloid, glikosida, flavonoid, fenolik, steroid dan tannin. 

Secara empiris bawang dayak sudah dipergunakan masyarakat lokal sebagai obat berbagai jenis penyakit seperti kanker payudara, obat penurun darah tinggi (hipertensi), penyakit kencing manis (diabetes melitus), menurunkan kolesterol, obat bisul, kanker usus dan mencegah stroke.

Bawang dayak dapat digunakan dalam bentuk segar, simplisia, manisan dan dalam bentuk bubuk (powder). Potensi bawang dayak sebagai tanaman obat multi fungsi sangat besar sehingga perlu ditingkatkan penggunaanya sebagai bahan obat modern.

"Itulah kenapa kami membudidayakan tanaman ini yang memang sangat jarang dikenal masayarakat. Agar nantinya bisa dimanfaatkan untuk obat berbagai macam penyakit," kata Zainudin. 

Saat ini budidaya tersebut terus dikembangkan warga daerah tersebut. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan perekonomian mereka. Sehingga tidak hanya menanam padi saja, namun ada hasil bumi lainnya yang dapat dijual. (MUHAMMAD HAMIM/B-11) 

Berita Terbaru