Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Festival Jajaka 2018 Momentum Refleksi Budaya Leluhur

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 07 April 2018 - 15:42 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang Festival Jari Janang Kalalawah (Jajaka) Kabupaten Barito Timur tahun 2018 merupakan even tahunan. Salah satu tujuan kegiatan ini, untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap budaya leluhur.

Sekretaris Daerah Barito Timur Eskop saat membuka secara resmi festival tersebut, Sabtu (7/4/2018) mengatakan, keinginannya agar masyarakat turut serta dalam menggugah semangat seni dan budaya khas Bartim agar maju, tumbuh dan berkembang.

"Masyarakat diharapkan dapat mencintai kesenian budaya daerah serta permainan rakyat yang menjadi warisan leluhur," kata Eskop.

Selain itu, kegiatan tersebut juga sebagai ajang mempromosikan pariwisata daerah dalam rangka memperkaya produk pariwisata secara nasional.

Adapun salah satu permainan rakyat yang ada di Festival Jajaka 2018 di Bartim itu, dan diharapkan bisa menarik minat wisatawan seperti Bagasing, Balogo, Manyupit, dan Sepak Sawut.

Kemudian ada pertunjukan seni Tarian Giring-Giring, Wadian Dadas, Wadian Bawo dan Tarian Bahalai.

Pada kesempatan itu, Eskop juga mengingatkan peserta lomba, wasit dan juri untuk sportif. Dan pemenang lomba nanti akan mewakili daerah ke Festival Isen Mulang Provinsi Kalimantan Tengah yang akan diselenggarakan pada Mei 2018 di Kabupaten Kapuas. (PRASOJO EKO APRIANTO/B-11)

Berita Terbaru