Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Giliran Prajurit Yonif 511 Jaga Perbatasan RI-Malaysia

  • Oleh Tim Borneonews
  • 20 Mei 2018 - 11:12 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Republik Indonesia-Malaysia (Satgas Pamtas RI-Mly) Batalyon Infanteri 511 Dibyatara Yudha resmi diterima oleh Panglima Komando Daerah Militer XII Tanjungpura Mayjen TNI Achmad Supriyadi di Kubu Raya, Kalimantan Barat, Sabtu (19/5/2018).

Upacara penerimaan Satgas Pamtas ini dihadiri Danlanud Supadio, Danlantamal XII Pontianak, para asisten dan Kabalak Kodam XII Tanjungpura, dan Kapolda Kalbar Irjen Didi Haryono.

Batalyon Infanteri 511 DY selaku Satgas Pamtas menggantikan Batalyon Infanteri 642 Kapuas yang menjaga di wilayah perbatasan RI-Malaysia wilayah sektor barat yaitu Kabupaten Sanggau dan Kabupaten Sambas selama kurang lebih 9 bulan ke depan.

Dalam amanatnya Pangdam XII Tanjungpura Mayjen TNI Achmad Supriyadi menerangkan jika wilayah perbatasan RI-Malaysia merupakan kawasan strategis dan vital.

Fakta secara geopolitik bahwa kawasan perbatasan berkaitan dengan aspek kedaulatan negara, pertahanan dan keamanan, rasa kebangsaan, ideologi, sosial, ekonomi dan politik.

Kerawanan akan timbul seperti perubahan pada patok batas wilayah, illegal trafficking, illegal logging, peredaran narkoba antar negara dan penyelundupan barang illegal serta masih banyak lagi masalah lain yang menjadi fenomena kejahatan lintas negara.

“Jadi untuk mengantisipasi masalah itu maka saya harapkan kepada prajurit Batalyon Infanteri 511 hendaknya selalu koordinasi dengan aparat atau instansi lain yang ada di perbatasan. Laksanakan patroli keamanan maupun patroli pemeriksaan patok batas secara intensif dan bina masyarakat sekitar perbatasan untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara," pesannya. (Pendam/B-6)

Berita Terbaru