Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

RKPD Tahun 2022 Barito Utara: Peningkatan Pembangunan Infrastruktur dan Peningkatan Ekonomi Daerah

  • Oleh Ramadani
  • 15 Maret 2021 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Bupati Barito Utara, H Nadalsyah mengatakan bahwa Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun 2022 disusun bersamaan dengan penyusunan perubahan RPJMD tahun 2018-2023.

Namun, kata dia,  tetap mengacu pada arah kebijakan pembangunan dalam rancangan penyusunan perubahan RPJMD Kabupaten Barito Utara tahun 2018-2023, dengan  harapan agenda pembangunan kabupaten barito utara untuk tahun 2022 tetap didasari peningkatan pembangunan infrastruktur dasar untuk memantapkan pertumbuhan dan pemerataan dalam rangka peningkatan ekonomi daerah.

"Sehingga RKPD tahun 2022 disusun berdasarkan visi bupati dan wakil bupati yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Barito Utara tahun 2018-2023, yaitu terwujudnya masyarakat Barito Utara yang religius, mandiri dan sejahtera, melalui percepatan peningkatan pembangunan di  bidang sumber daya manusia, infrastruktur dan ekonomi kerakyatan," jelas Nadalsyah.

Visi tersebut, jelas dia, tetap berada dalam koridor cita-cita menuju masyarakat Barito Utara yang maju, mandiri dan adil. 

Dalam upaya mewujudkan visi pembangunan  daerah tersebut, di implementasikan melalui 5 (lima) misi pembangunan daerah, dengan di fokuskan pada prioritas pembangunan, yaitu peningkatan infrastruktur dan ketersediaan energi, peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan, peningkatan ekonomi masyarakat, peningkatan pengelolaan sosial, budaya, pariwisata dan lingkungan hidup serta peningkatan pelayanan publik melalui tata kelola kepemerintahan yang baik (good governance).

Dikatakan Nadalsyah pula, dalam mewujudkan tujuan pembangunan ditetapkan sasaran-sasaran pokok pembangunan yakni meningkatnya desa yang terhubung dengan pusat wilayah, meningkatnya desa yang terhubung listrik, menurunnya desa blankspotmeningkatnya aksesibilitas dan kualitas pendidikan.

Selanjutnya, meningkatnya derajat kesehatan masyarakat, meningkatnya daya beli masyarakat, meningkatnya sektor pertanian, meningkatnya sektor perikanan, meningkatnya sektor perkebunan, meningkatnya sektor koperasi dan usaha kecil menengah, perdagangan serta industri dan meningkatnya daya saing tenaga kerja.

Selain itu, tambah dia, menurunnya pencemaran lingkungan, meningkatnya daya saing pariwisata, meningkatnya ketertiban masyarakat, meningkatnya toleransi dikalangan masyarakat, menurunnya penyandang masalah sosial, meningkatnya kualitas penerapan reformasi birokrasi, meningkatnya kualitas penerapan manajemen kinerja, meningkatnya kualitas pemberian layanan publik, serta meningkatnya pengelolaan keuangan dan aset daerah.(RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru