Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hilirisasi Industri Harus Mengacu ke Kapasitas Pertumbuhan Ekonomi Daerah

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 02 November 2021 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Strategi Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran untuk membangun hilirisasi industri Kalteng merupakan langkah yang patut untuk didukung, karena memiliki efek domino, salah satunya membuka lowongan kerja bagi masyarakat.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Palangka Raya, Fitria Husnatarina mengingatkan pemerintah sebagai stabilitator harus mampu menjaga konseptual dari hilirisasi dalam rangka meningkatkan kapasitas pertumbuhan ekonomi daerah.

Sehingga, meski hilirisasi itu bukan milik pemerintah, manfaatnya tetap kembali kepada masyarakat lokal. Pasalnya, hilirisasi industri belum tentu dapat menyempitkan kesenjangan di tengah masyarakat.

“Kita tidak bisa memprediksi kesenjangan ekonomi semakin menyempit. Kalau pemilik modal itu merekrut tenaga kerja tidak pada masyarakat lokal, tentu jurangnya akan semakin tinggi,” tuturnya baru baru ini.

Menurutnya tenaga kerja penggerak industri harus masyarakat lokal. Tetapi pemerintah juga harus menjamin SDM lokal ini terampil.

“Karena yang namanya industri membutuhkan keterampilan itu untuk terus bergerak maju,” tambah Fitria. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru