Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

UKM Kalteng Meningkat 7 Ribu Selama Setahun Terakhir

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 08 November 2021 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mencatat tren positif peningkatan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kalteng selama setahun terakhir.

Peningkatan yang terjadi cukup tinggi menyentuh angka 7.339 UKM, dari 64.067 UKM pada 2020 menjadi 71.406 UKM pada tahun ini.

“Dorongan dan dukungan dari Bapak Gubernur, telah membawa harapan baru bagi pelaku UMKM di Kalimantan Tengah, meskipun di tengah pandemi Covid 19 perkembangan UMKM cukup bagus," tutur Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kalteng, Ati Muliaty dalam keterangan tertulisnya Minggu malam, 7 November 2021.

Menurutnya, perkembangan positif ini tidak terlepas dari fokus perhatian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng dalam rangka pemulihan ekonomi nasional. 

Pemerintah daerah terus melakukan pendampingan  akses permodalan bagi UMKM melalui perbankan dan non perbankan serta Otoritas Jasa Keuangan.

Dalam rangka menindaklanjuti arahan Gubernur Kalimantan Tengah terkait peningkatan SDM, Dinas Koperasi dan UKM Kalteng melakukan pelatihan.

Data tercatat dari tahun 2019 hingga 2021, pelatihan sudah diselenggarakan baik berupa pelatihan kewirausahaan, vocasional, perkoperasian dan E-digital dengan jumlah mencapai 2.735 peserta. (HERMAWAN/B-7)

Berita Terbaru