Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Minta Pemda Dukung Usaha Perikanan Masyarakat

  • Oleh Donny Damara
  • 11 Juni 2022 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Jainudin Karim meminta kepada pemda melalui instansi terkait supaya dapat mendukung usaha perikanan yang digeluti masyarakat baik itu secara mandiri maupun kelompok.

Jainudin mengatakan, budidaya ikan merupakan usaha yang potensial, bahkan hal tersebut tentunya dapat memberikan efek positif tidak hanya bagi pengusaha itu sendiri tapi juga bagi daerah.

"Dukungan sangat penting diberikan oleh pemerintah agar usaha masyarakat itu bisa berkembang dan maju, terlebih lagi usaha perikanan masyarakat yang masih berskala kecil," ucap Jainudin, Sabtu, 11 Juni 2022.

Dicontohkannya, salah satu usaha perikanan yang perlu medapat dukungan yaitu seperti budidaya ikan gabus atau haruan. Menurutnya, budidaya ikan ini sulit untuk berkembang tanpa adanya dukungan seperti halnya pengembangbiakan bibit.

Pasalnya, untuk mendapatkan bibit ikan tersebut kebanyakan masyarakat menangkapnya secara langsung di sungai atau danau. Sebab, metode pengembangbiakan langsung dari telur masih belum mampu diterapkan.

"Hal itu karena minimnya alat-alat atau fasilitas pengembangbiakan yang dimiliki masyarakat. Jadi, jika ingin usaha ini berkembang pemda harus mendukung usaha itu dengan memberikan pelatihan cara pengembangbiakan dan juga memberikan fasilitas pendukung lainnya," tuturnya.

Dijelaskannya, budidaya ikan gabus atau jenis ikan lainya jika dikelola atau didukung secara maksimal memiliki potensi yang cukup menjanjikan dan dapat memberikan dampak positif bagi daerah juga masyarakat secara umum dari segi ketersediaan ikan tersebut.

"Tidak hanya itu, yang perlu diperhatiakan pemerintah juga yakni terkait pakan, karena itu salah satu kunci keberhasilan budidaya ikan. Sehingga pemerintah diharapkan bisa membuat terobosan menyediakan pakan yang memadai guna untuk memenuhi kebutuhan pakan ikan," imbuhnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru