Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPP Paku Bagikan Pembeku Lateks ke 287 Petani di 9 Desa

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 10 September 2022 - 22:21 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Barito Timur melalui Balai Penyuluhan Pertanian atau BPP Kecamatan Paku membagikan cairan pembeku  lateks atau getah pohon karet kepada 287 petani.

Jumlah petani tersebut tersebar di 9 Desa yang ada di Kecamatan Paku dan tergabung dalam 11 kelompok tani.

"Total ada 11.012 liter pembeku lateks merek yang dibagikan dan akan digunakan pada lahan karet seluas 864 hektare," jelas Koordinator BPP Paku Asbel Serep kepada Borneonews, Sabtu, 10 September 2022.

Menurutnya pembagian sarana pengolahan karet tersebut merupakan tidak lanjut hasil studi banding ke Provinsi Kalimantan Barat beberapa waktu lalu.

"Ini untuk meningkatkan kualitas karet terutama K3-nya (Kadar Kering Karetnya). Dengan kualitas yang baik maka harga karet akan lebih baik pula karena pabrik membutuhkan karet berkualitas," lanjut Asbel.

Dia menjelaskan, hasil penggumpalan lateks dari pembeku yang dibagikan memiliki tingkat kekenyalan yang baik sekali, sehingga bahan baku karet yang menggunakan cairan pembeku tersebut dapat diaplikasikan ke berbagai macam hasil olahan industri berbahan baku karet.

"Pembeku lateks ini bantuan dari Kementerian Pertanian atas usulan bidang perkebunan dinas pertanian serta usulan petani melalui proposal. Harapan kami dari BPP Paku, petani penerima bantuan bisa meningkatkan hasil karet dengan pengolahan sesuai setandar pengolahan yang baik," tutup Asbel. BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru