Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Covid-19 Mereda, UMKM Kotim Kembali Menggeliat

  • Oleh Noor Annisa
  • 06 November 2022 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Seiring meredanya pandemi covid-19 khususnya di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah ini kembali menggeliat.

"UMKM di Kotim pertumbuhannya alhamdulillah baik 70 persen yang dulu turun 80 persen, angka 10 persen pencapainannya memang masih belum," kata Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kotim, Susilo, Minggu, 6 November 2022.

Menurutnya, covid-19 membuat para pelaku UMKM di Kotim lebih kreatif dalam berinovasi. Terbukti, ditemukannya pelaku UMKM yang semakin bertambah banyak.

"Covid ini adalah proses tahapan melangkah untuk menjadi lebih baik tetapi saya lihat pelaku-pelaku UMKM di Sampit cara berkarya dan terobosannya bagus," sebutnya.

Dirinya juga mengklaim di Kota Sampit merupakan satu-satunya di Kalimantan Tengah dengan UMKM yang tangguh yang mampu menghadapi pandemi. "Karena kita tahu 70 persen penyokong ekonomi adalah UMKM," tambahnya.

Dia menambahkan, penurunan UMKM sebanyak 80 persen itu sudah terjadi sebelum pandemi. Saat itu, masyarakat tidak memiliki daya beli dan masih bertahan dengan tren memasak di rumah masing-masing.

Sekarang, sambung dia, UMKM bisa disebut mulai menjamur dan sudah naik ke angka hampir 80 persen. Kondisi itu dampak dari kreativitas UMKM dalam mengolah dan menjajakan produknya, sehingga daya beli masyarakat juga mulai meningkat. Proses jual beli juga mudah, seperti salah satunya secara online. (NOOR ANNISA/B-7)

Berita Terbaru