Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Truk Pasir Tanpa Terpal Bakal Dikandangkan

  • 02 Maret 2016 - 14:01 WIB

Pengemudi truk pasir harus siap ditilang atau dikandangkan angkutanya jika melintas tanpa penutup. 

Pekan ini jajaran Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) tengah gencar melakukan sosialisasi terkait hal itu.

Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Dishubkominfo Kobar M Iksan  menyebutkan, setelah melakukan sosialisasi, pekan depan pihaknya akan menindak tegas terhadap operasional truk pengangkut material pasir tanpa menggunakan penutup terpal pada bak muatannya. Jika bak truk tidak ditutup bisa membahayakan pengendara lain, terutama yang melintas di belakangnya. Tindakan yang diambil adalah dengan memberikan sanksi tilang, menahan buku kir sampai dengan penahanan kendaraan angkutan.

"Kalau mereka masih 'ngeyel', akan kami kandangkan," tegas Ikhsan, Rabu (2/3/2016).

Truk pasir yang tidak menutup muatannya dengan terpal, material angkutannya rawan berterbangan. Kondisi itulah yang membuat pengendara di belakangnya, terutama membuat pengendara motor terganggu penglihatannya.

"Pengendara lain akan merasa tidak nyaman dan sangat rawan kecelakaan," sebut Ikhsan.

Sejauh ini sejumlah insiden kecelakaan karena operasional truk pasir tanpa penutup terpal, sudah disampaikan kepada jajaran Dishubkominfo Kabupaten Kobar. 

"Kami sering mendapatkan laporan dari masyarakat, bahwa banyak truk membawa pasir tidak ada penutup terpalnya," katanya.

Penertiban Dishubkominfo ini bertujuan untuk memastikan pengendara aman dan menegakkan peraturan daerah No 16/2014 tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat.

"Kita selanjutnya juga akan berkoordinasi dengan jajaran Satlantas Polres Kobar untuk mempertegas penertiban ini," ujar dia.

Sementara seorang supir truk pasir, Amir mengaku pemasangan terpal membuat pekerjaannya semakin repot. Apalagi pasir yang diangkut truknya tidak menempuh jarak jauh.

"Kami ambil pasir dari sekitar sini aja, Mas. Masak harus pakai terpal. Ribet," ujarnya singkat.(CR-1/m)

Berita Terbaru