Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Kalteng Minta Pembangunan Jaringan Listrik Harus Menjadi Fokus Pemerintah

  • Oleh Donny Damara
  • 28 Maret 2023 - 13:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Legislator Kalteng, Jainudin Karim meminta pembangunan jaringan listrik harus bisa menjadi salah satu fokus perhatian pemerintah saat ini, sebab untuk wilayah Kalteng sendiri masih banyak daerah utamanya pedesaan yang belum teraliri jaringan listrik.

Dia mengatakan, memang pada dasarnya wilayah Kalteng ini sangat luas, sehingga untuk melakukan pemerataan pembangunan membutuhkan waktu, akan tetapi beberapa kali sudah berganti pemimpin baik presiden maupun gubernur masih saja ada wilayah yang tertinggal di Kalteng ini.

"Ini masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah baik pusat maupun daerah khususnya Kalteng, sangat ironis memang padahal provinsi ini sendiri kaya akan SDA, tapi masih ada saja daerah yang belum menikmati listrik sama sekali sehingga membuat daetah itu tertinggal," katanya, Selasa, 28 Maret 2023.

Diungkapkannya, seperti di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) banyak desa disana yang sangat memprihatinkan karena dalam kondisi gelap gulita ketika pada malam hari sebab tidak ada jaringan listrik PLN, padahal listrik diera perkembangan zaman seperti sekarang ini salah satu yang menjadi kebutuhan  masyarakat.

"Secara umum listrik ini penting untuk penerangan, tapi keberadaannya lebih daripada itu. Listrik dapat digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas diantaranya mendukung perekonomian masyarakat, pendidikan, kesehatan maupun pemerintahan desa, inilah yang perlu diperhatikan oleh pemerintah," ujarnya.

Besar harapan persoalan jaringan listrik ini dapat menjadi atensi perhatian pemerintah untuk melakukan pemerataan pembangunannya, sehingga kedepan tidak ada lagi wilayah pedesaan yang tertinggal atau tidak menikmati listrik PLN karena memang itu sudah menjadi kebutuhan dasar masyarakat saat ini.

"Kita akan terus mendorong pemerintah agar dapat melakukan percepatan pembangunan jaringan listrik di wilayah Kalteng ini, harapan kita tentu setiap tahun daerah yang tidak ada jaringan listriknya bisa berkurang dan dalam kurun waktu dua atau tiga tahun kedepan wilayah pedesaan di Kalteng ini semuanya memiliki jaringan listrik," tutupnya. (DONNY D/J)

Berita Terbaru