Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Beberapa Langkah Pemkab Barito Selatan Tekan Laju Inflasi

  • Oleh Uriutu
  • 29 Maret 2023 - 21:30 WIB

ORNEONEWS, Buntok – Pemkab Barito Selatan melakukan beberapa langkah dalam rangka menekan laju inflasi. Hal ini disampaikan Pj Bupati Barsel, Lisda Arriyana saat kunjungan Direktur Perbenihan Hortikultura Menteri Pertanian RI, Dr Inti Pertiwi Nashwari, Rabu, 29 Maret 2023.

“Kita melakukan beberapa langkah antisipatif untuk menekan laju inflasi di Kabupaten berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini,” katanya.

Langkah tersebut di antaranya mengaktifkan Satgas Pangan dengan memantau harga dan ketersedian beberapa komoditas serta melakukan gerakan penghematan energi dan gerakan tanam pangan cepat panen.

Ia menyampaikan khususnya terkait gerakan tanam pangan cepat ini telah melaksanakan penanaman cabai serentak pada 6 September 2022 lalu dan penanaman bawang merah pada 13 Oktober 2022.

“Untuk bawang merah telah dilakukan panen bersama pada 13 Desember 2022 lalu,” beber dia.

Sementara penanaman cabai dilakukan oleh petani kurang lebih seluar 32,02 hektar dengan luas panen mencapai 30,5 hektar serta total produksi sebesar 566,7 kwintal yang tersebar di beberapa kecamatan se-Barsel.

Hal ini dilakukan karena berdasarkan data dari Kementerian Pertanian, beberapa komoditas yang selalu mengalami defisit di Kalteng antara lain cabai merah, cabai rawit dan bawang merah.

Komoditas tersebut secara histori juga selalu menjadi penyumbang inflasi, terutama jelang Hari Besar Keagamaan Nasional.

“Namun pada hari ini merupakan langkah nyata bahwa Barsel bisa menjamin ketersediaan cabai selama bulan Ramadhan bahkan setelah Hari Raya Idul Fitri. Dengan demikian kita dapat menekan harga cabai yang cenderung naik,” bebernya.

Tak hanya itu harga komoditas lainnya seperti beras, gula pasir, minyak goreng, telur, bawang merah dan bawang putih serta daging ayam, meski ada kenaikan, namun tidak signifikan.

Menurutnya panen cabai di Desa Pamangka merupakan gerakan tanam pangan cepat panen juga dalam rangka upaya menekan laju inflasi, sehingga diharapkan dapat mewujudkan ketersediaan komoditas penyumbang inflasi.

“Saya juga mengucapkan terima kasih atas kunjungan serta bantuan benih cabai yang telah diberikan Kementerian Pertanian RI sebanyak 180 bungkus pada bulan Desember tahun 2022 yang lalu,” ucapnya. (URIUTU DJAPER/R)

Berita Terbaru