Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wabup Lamandau Minta Warga Waspadai Kasus Penipuan !

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 02 April 2023 - 11:10 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Wakil Bupati (Wabup) Lamandau, Riko Porwanto meminta warga di daerah setempat untuk waspada terhadap kasus penipuan yang mengatas namakan dirinya dan pejabat daerah lainnya.

Dikatakan Wabup, saat ini marak terjadi kasus-kasus penipuan yang mengatas namakan pejabat daerah. Modusnya dengan membuat akun media sosial atau WhatsApp (WA) seolah-olah milik salah satu pejabat daerah. Terutama saat bulan Ramadan.

“Modus penipuannya adalah, penipu tersebut memanfaatkan momen bulan Ramadan ini untuk memberikan bantuan bagi masjid,” terang Riko di Nanga Bulik, Minggu, 2 April 2023.

Dijelaskan, awalnya penipu tersebut menelpon pengurus masjid dan meminta no rekening, setelah itu penipu tersebut akan mengirimkan bukti transfer, dimana bukti transfer itu adalah palsu, dan kemudian si penipu akan bilang kalau uang yang ditransfer tersebut salah kirim.

“Contoh, ia mengatakan uang yang telah ditranfer sebanyak Rp10 juta, namun penipu tersebut akan bilang kalau ia salah kirim, kalau ia awalnya berencana akan memberikan bantuan sebesar Rp5 juta, dan ia meminta kepada pengurus masjid untuk dapat mengembalikan uang sebanyak Rp5 juta lagi,” ujarnya.

Kepada masyarakat, orang nomor dua di Kabupaten berjuluk Muni Bahaum Bakuba itu meminta, jika ada yang menelpon dengan modus seperti ini, jangan mudah percaya, jika ragu coba konfirmasi kembali kepada orang yang bersangkutan.

“Beberapa hari belakangan ini, banyak masyarakat yang menelpon saya, untuk menanyakan terkait bantuan yang akan diberikan tersebut, karena penipu tersebut menggunakan nama saya dalam modus penipuannya,” ujarnya.

Ia berharap, masyarakat dapat menyebarluaskan informasi ini, agar tidak ada lagi masyarakat, khususnya di Kabupaten Lamandau yang menjadi korban penipuan semacam ini.

 (HENDI NURFALAH/Y)

Berita Terbaru