Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kabupaten Lamandau Masih Aman dari Karhutla

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 04 Mei 2023 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Meski curah hujan mulai terjadi penurunan dari sebelumnya, ditambah cuaca ekstrem atau gelombang panas, kondisi wilayah Kabupaten Lamandau hingga saat ini masih aman dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Plt Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lamandau, Gustoni menjelaskan, meskipun aman, namun bukan berarti tidak ada kejadian Karhutla. Sebab, beberapa minggu yang lalu sempat ada kejadian kebakaran lahan.

“Namun itu masih bisa kita kendalikan dan tidak sampai meluas,” jelas Gustoni di Nanga Bulik, Kamis, 4 Mei 2023.

Hingga kini, lanjut dia, mereka mengaku terus bersiaga untuk mencegah dan mengantisipasi terjadinya Karhutla di Kabupaten Lamandau, agar tidak sampai menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan seperti terjadinya kabut asap.

“Kita bersama TNI, Polri, relawan, dan masyarakat akan berupaya maksimal untuk menekan kejadian Karhutla di wilayah Kabupaten Lamandau,” tegasnya.

Sementara, upaya antisipasi yang dilakukan diantaranya, seperti melakukan patroli rutin ke daerah rawan Karhutla, edukasi larangan dan ancaman sanksi tegas yang diterapkan terhadap masyarakat maupun perusahaan yang membakar lahan dengan sengaja dan sosialisasi tentang dampak kebakaran hutan dan lahan.

Selain itu, terang dia, saat ini pihaknya juga terus memastikan berbagai peralatan pemadam kebakaran yang dimiliki dalam kondisi siap beroperasi serta memastikan kesiapsiagaan personel.

“Kami juga terus menjalin koordinasi dengan berbagai pihak seperti pemadam swakarsa, TNI, Polri dan berbagai pihak untuk mendeteksi dini potensi karhutla,” bebernya.

Gustoni berharap, seluruh elemen masyarakat turut aktif melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan dengan tidak melakukan pembakaran, serta melaporkan kepada petugas jika melihat indikasi atau potensi Karhutla.

(HENDI NURFALAH/Y)

Berita Terbaru