Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Kalteng Dorong Pemda Masifkan Program Padat Karya

  • Oleh Donny Damara
  • 24 Juni 2023 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng Jubair Arifin mendorong pemda di provinsi ini supaya dapat memasifkan program padat karya sebagai sarana pengentasan pengangguran dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Program padat karya itu kan kegiatan pembangunan proyek yang lebih banyak menggunakan tenaga manusia. Otomatis akan banyak lapangan pekerjaan yang terbuka untuk masyarakat. Dari situ pastinya akan meningkatkan perekonomian di wilayah setempat dan juga kesejahteraan masyarakat tentunya," ujarnya, Sabtu, 24 Juni 2023.

Menurutnya, kegiatan padat karya dapat dilakukan diberbagai program pemerintah, seperti pemanfaatan lahan tidur untuk meningkatkan produksi pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan, atau kegiatan produktif lainnya yang memberikan nilai tambah kepada masyarakat dengan memanfaatkan dan mengoptimalkan sumber daya lokal yang ada dan sifatnya berkelanjutan.

"Artinya, padat karya ini juga bisa dimaksimalkan untuk mengoptimalisasi SDA kita melalui tangan masyarakat itu sendiri. Dari situ, tentu akan mendorong peningkatan produktivitas dan inovasi masyarakat dan menurunkan kesenjangan sosial yang ada," tuturnya.

Dikatakannya bahwa, program padat karya tentu juga menjadi relevan dengan kebutuhan masyarakat. Pasalnya, sebagian besar aspirasi yang disampaikan masyarakat, berkaitan erat dengan pemenuhan lapangan kerja, peningkatan ekonomi dan kesejahteraan.

"Meski banyak nilai positif, pelaksanaannya pun tetap harus ada pengawasan. Pemerintah daerah tetap harus kroscek dan evaluasi, sehingga kegiatan itu bisa berjalan dengan baik, tepat guna, tepat sasaran, tepat waktu, dan tepat aturan," imbuhnya. (DONNY D/J)

Berita Terbaru