Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPIP Sosialisasikan Nilai Pancasila Dalam Berbangsa dan Bernegara di Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 28 Juli 2023 - 04:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia melalui Direktorat Sosialisasi dan Komunikasi menggelar sosialisasi nilai-nilai Pancasila dalam berbangsa dan bernegara menyongsong Pemilu yang aman dan damai di Kuala Kapuas, Kamis, 27 Juli 2023.

Bertempat di Gedung Pertemuan Manggatang Tarung Kuala Kapuas, kegiatan ini dihadiri langsung Kepala BPIP RI, Yudian Wahyudi, Plt Bupati Kapuas yang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Yunabut, Kepala Badan Kesbangpol Kapuas, Marlina Kasyfiatie, para tokoh masyarakat dan lainnya.

Yunabut menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi tingginya atas berkenannya Kepala BPIP RI, beserta rombongan yang telah singgah ke Kota Kuala Kapuas.

“Untuk memberi pencerahan kepada kita semua atas pentingnya pengamalan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan kita berbangsa dan bernegara, terutama menyongsong pemilu 2024 yang akan datang agar dapat berjalan dengan aman dan damai,” kata Yunabut dalam sambutannya.

Lebih lanjut, dia menyampaikan Pancasila merupakan dasar negara serta landasan ideologi bagi bangsa indonesia. Setiap nilai luhur yang terkandung di dalamnya telah menjadi dasar hidup bernegara sejak konsep pancasila diperkenalkan oleh Ir Soekarno pada 1 Juni 1945.

“Saat ini, banyak sekali upaya sistematis dan terus menerus yang dilaksanakan oleh para oknum untuk menggerus nilai-nilai pancasila. Fenomena intoleransi dan polarisasi di tengah masyarakat terus mengemuka," ucapnya.

Selain itu perbedaan suku, agama, ras dan golongan juga terus diangkat guna memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa, terutama menjelang pemilu 2024 yang akan datang.

Sehingga, pentingnya nilai-nilai Pancasila pada Pemilu 2024. Dengan menjadikan Pancasila sebagai pedoman dan dimaknai secara baik, maka hal-hal negatif yang dikhawatirkan terjadi di tahun politik seharusnya dapat diantisipasi dan dihindari. (DODI RIZKIANSYAH/Y)

Berita Terbaru