Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penerapan Aplikasi Srikandi di Kapuas Jadi Wadah Studi Kaji Kerasipan Disarpustaka Barsel

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 29 Oktober 2023 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Penerapan Aplikasi Srikandi sebagai sebuah Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi pada Pemerintah Kabupaten Kapuas menjadi sasaran utama studi kaji Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) Kabupaten Barito Selatan (Barsel).

Kepala Disarpustaka Kapuas, Suwarno Muriyat didampingi sejumlah Kabid, Pustakawan dan Arsiparis, saat menerima kunjungan jajaran Disarpustaka Barsel menyatakan jika hampir seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas telah menerima bimbingan teknis penerapan Aplikasi Srikandi.

"Iya, kita beberapa waktu lalu menerima kunjungan dari Disarpustaka Barsel dalam rangka studi kaji kearsipan. Kami sampaikan penerapan aplikasi Srikandi yang masih terkendala teknis terus kami dampingi dalam bentuk kunjungan maupun mereka operator yang datang ke sini," kata Suwarno, Minggu, 29 Oktober 2023.

Pihaknya selalu siap membantu perangkat daerah agar pada saatnya nanti telah siap untuk diterapkan secara serentak di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas.

Dalam kesempatan itu juga menyinggung terkait berbagai upaya agar Disarpustaka Kapuas dapat bergabung dalam Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN) yang merupakan sistem jaringan informasi dan sarana pelayanan informasi arsip dinamis dan statis secara nasional.

"Tujuannya adalah mewujudkan layanan arsip dinamis dan statis sebagai memori kolektif Bangsa Indonesia yang lengkap, cepat, tepat, mudah dan murah," jelasnya.

Sebelumnya, dalam kunjungan itu, Kabid Kerasipan Barsel Krisnawaty merasa terkesan jika pelaksanaan bidang kearsipan pada Disarpustaka lebih maju selain telah dilengkapi regulasi juga adanya komitmen pimpinan terhadap Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA)

GNSTA ucapnya merupakan upaya untuk membangun kesadaran semua elemen masyarakat terhadap pentingnya mengelola arsip, khususnya yang terkait dengan birokrasi pemerintah.

“Semoga ke depan Disarpustaka Kabupaten Barito Selatan dapat menerapkan berbagai program dan terobosan yang telah dilakukan Disarpustaka Kapuas," ucap Krisnawaty. (DODI/)

Berita Terbaru