Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Ternate Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pasokan Elpiji 3 Kilogram di Barito Timur Aman

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 04 November 2023 - 08:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Manajer Operasional Produksi Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) Lenggang Cenggolan S Landay atau Aceng memastikan pasokan kebutuhan elpiji 3 kilogram bersubsidi di Kabupaten Barito Timur saat ini aman atau mencukupi.

"Untuk saat ini distribusi elpiji 3 kilogram relatif aman dan tidak ada kendala di lapangan. Kalaupun nanti ada permasalahan distribusi kami akan telusuri dari atas ke bawah, yang pasti untuk saat ini tidak ada kendala," ungkapnya, Sabtu, 4 November 2023.

Terkait sistem pembelian elpiji 3 kilogram bersubsidi dengan menggunakan Kartu Tanda Penduduk atau KTP yang mulai diberlakukan, dia menjelaskan bahwa mekanisme pembelian tersebut saat ini masih dalam tahap sosialisasi oleh Pertamina.

"Memang harusnya seperti itu supaya (penyaluran) tepat sasaran karena kadang elpiji bersubsidi ini digunakan oleh orang-orang yang tidak berhak. Memang perlahan tapi pasti diterapkan di lapangan," tegas Aceng.

Untuk mengantisipasi peningkatan permintaan pada Hari Raya Natal dan Tahun Baru nanti, pihaknya sudah menyiapkan Loading Order (LO) fakultatif dengan mempelajari tingkat kenaikan kebutuhan pada tahun-tahun sebelumnya.

"Bisanya memang kalau hari raya Idul Fitri, Natal dan tahun Baru ada kenaikan permintaan, makanya kami siapkan LO fakultatif," akunya.

Menurut Aceng, dalam kondisi normal saat ini SPBE Lenggang mengeluarkan 6.720 tabung elpiji 3 kilogram setiap hari. Elpiji sebanyak itu didistribusikan oleh tiga agen ke pangkalan-pangkalan.

"Kami yakin tiga agen ini tetap bisa mengakomodir peningkatan permintaan saat hari raya nanti. Namun kami tetap mengimbau masyarakat yang tidak berhak menggunakan elpiji bersubsidi agar dengan kesadaran sendiri beralih ke elpiji non subsidi karena elpiji 3 kilogram bersubsidi ini untuk masyarakat miskin," katanya. (BOLE MALO/H) 

Berita Terbaru