Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Kapuas Gelar Rakor Jejaring Pelayanan Kesehatan Bagi Calon Pengantin

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 13 Desember 2023 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas melalui Bidang Kesehatan Masyarakat Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi telah mengadakan Rapat koordinasi (Rakor) jejaring pelayanan kesehatan bagi calon pengantin tahun 2023.

Rakor ini dihadiri oleh para pemuka Agama yaitu Agama Islam, Kristen dan Hindu, dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas, petugas kesehatan dari puskesmas dalam kota serta bidan praktik mandiri yang ada di wilayah Kota Kuala Kapuas.

Plt Kepala Dinkes Kapuas, dr Tonun Irawaty Panjaitan menyampaikan tujuan dari kegiatan ini sebagai penguatan kualitas pelayanan lesehatan reproduksi bagi calon pengantin.

"Yang mana diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan calon pengantin tentang kesehatan reproduksi," katanya, Rabu, 13 Desember 2023.

Sehingga, mempersiapkan kehamilan yang sehat, pencegahan kekerasan dalam rumah tangga dan lain-lain, meningkatkan kesadaran dalam menjaga kesehatan diri dan pasangan serta calon bayi yang akan dilahirkan.

Dalam rapat dihasilkan beberapa rekomendasi dan kesepakatan dari semua pemuka agama sepakat mendukung dan merekomendasikan bagi setiap calon pengantin untuk wajib memeriksakan kesehatan ke Puskesmas.

Kemudian, merekomendasikan pula untuk pertemuan lanjutan mengundang Dinas Dukcapil Kapuas terkait pencatatan pernikahan dan mensinergikan kebijakan begitu juga dengan Pengadilan Agama terkait dispensasi nikah pada anak. (DODI/Y)

Berita Terbaru