Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kusni Sulang Satu-Satunya Budayawan Kalteng yang Terima Anugerah Kebudayaan Indonesia 2020

  • Oleh Testi Priscilla
  • 10 Desember 2020 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Budayawan Kalimantan Tengah, Kusni Sulang, menjadi satu-satunya tokoh Dayak yang menerima Anugerah Kebudayaan Indonesia tahun 2020 ini. Penyerahan yang langsung disampaikan oleh perwakilan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia di ruang rapat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng pada Kamis, 10 Desember 2020 ini memberi kesan tersendiri kepada Kusni Sulang.

Ada 33 orang atau lembaga yang menerima penghargaan ini dengan berbagai kategori. Ada 8 tokoh yang dianugerahi gelar sebagai Pelestari, salah satunya ialah Muhammad Suriani dari Banjarmasin Kalimantan Selatan. Lalu ada 7 tokoh pada kategori Pencipta, Pelopor dan Pembaru. Kemudian ada 6 tokoh Maestro Seni Tradisi yang salah satunya diraih Kusni Sulang, selain itu ada tokoh dari Maluku Utara, Bengkulu, Nusa Tenggara Timur, Yogyakarta, Jawa Tengah, dan dua orang dari Jawa Timur. Kategori lainnya ialah Anak dan Remaja, Komunitas, serta Pemerintah Daerah.

"Apa yang saya terima ini sebenarnya saya merasa masih jauh dari standar saya sendiri, saya merasa belum bisa mencapai tujuan pribadi dalam hal pembudayaan adat Dayak sehingga belum layak mendapat penghargaan ini. Tetapi adanya penghargaan-penghargaan seperti ini bagus untuk memajukan desentralisasi budaya dan seni di Indonesia," kata Kusni Sulang dalam pidatonya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng mengatakan bahwa penghargaan ini sudah didapatkan selama dua tahun berturut-turut oleh tokoh Dayak Kalteng.

"Ini tahun kedua Tokoh Dayak kita mendapat penghargaan ini. Tahun lalu Tokoh Adat kita Pak Prada yang dianugerahi penghargaan ini, lalu tahun ini Pak Kusni Sulang dianugerahi gelar sebagai Maestro Seni Tradisi Pemelihara Adat Dayak," jelasnya.

Di tempat yang sama, Sambutan dari Dit. Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan disampaikan oleh Dewa Ayu Oka Sulasmi, Wakapokja Pembinaan Lembaga Kebudayaan, mengatakan bahwa ada kriteria tertentu sehingga Kusni Sulang terpilih sebagai penerima penghargaan ini.

"Penerima anugerah kebudayaan kategori Maestro Seni Tradisi ini ialah mereka yang secara tekun dan gigih mengabdikan diri pada jenis seni yang langka atau nyaris punah. Jadi menurut tim penilai, Pak Kusni Sulang merupakan tokoh yang melestarikan seni tradisi yang hampir punah. Selain itu juga ada kriteria khusus seperti harus berusia di atas 60 tahun dan telah berkiprah di bidangnya sekurang-kurangnya 35 tahun," jelasnya. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru