Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kalteng Perlu Waspadai Potensi Risiko Stabilitas Sistem Keuangan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 12 Februari 2022 - 10:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Otoritas Jasa Keuangan atau OJK Provinsi Kalimantan Tengah, Otto Fitriandy mengatakan bahwa Kalteng perlu mewaspadai potensi risiko Stabilitas Sistem Keuangan atau SSK di masa pandemi Covid-19 ini.

"Terdapat potensi risiko yang perlu diwaspadai, baik dari sisi domestik maupun global," kata Otto pada Sabtu, 12 Februari 2022.

Potensi risiko dari sisi domestik menurut Otto, terutama terkait kenaikan kasus Covid-19. Sementara potensi risiko global antara lain gangguan rantai pasok di tengah kenaikan permintaan yang mendorong peningkatan tekanan inflasi.

"Terutama akibat kenaikan harga energi serta berlanjutnya ketidakpastian pasar keuangan global sejalan dengan percepatan kebijakan normalisasi the Fed dalam merespons tekanan 

inflasi AS yang meningkat (Desember 2021: 7,0% yoy) serta peningkatan tensi geopolitik di kawasan Baltik," terang Otto lagi.

Menurut Otto, paket kebijakan terpadu Komite Stabilitas Sistem Keuangan atau KSSK untuk peningkatan pembiayaan dunia usaha yang 

diterbitkan pada Februari 2021 juga turut berperan dalam mendorong percepatan pemulihan ekonomi.

"Sinergi kebijakan baik yang bersifat across the board yang berlaku 

pada seluruh sektor maupun yang spesifik pada sektor tertentu berkontribusi dalam menjaga momentum pemulihan di tahun 2021," tuturnya.

Kebijakan across the board yang diberikan oleh Kementerian Keuangan menurutnya antara lain insentif fiskal dan dukungan belanja Pemerintah untuk turut menjaga kinerja keuangan dunia usaha dan mendorong daya beli masyarakat. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru