Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Begini Cara Tim Gabungan di Kecamatan Kayahan Hulu Utara Cegah Karhutla

  • Oleh Riska Yulyana
  • 04 September 2022 - 12:51 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Babinsa Koramil 1016-08 Kahayan Hulu Utara Serda Heriansyah membeberkan cara tim gabungan yang terdiri dari TNI-Polri dan Tim Manggala Agni Kecamatan Kahayan Hulu Utara dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Cara pencegahan yang dilakukan tim gabungan salah satunya yakni melakukan patroli rutin di wilayah desa binaan.

"Kegiatan yang dilakukan Tim di lapangan pada saat patroli terpadu adalah menjaga daerah yang rawan karhutla, serta beberapa daerah di sekitarnya. Melalui upaya ini diharapkan tidak terjadi karhutla di wilayah tersebut," ujarnya, Minggu 4 September 2022.

Kegiatan tim di lapangan meliputi monitoring kawasan, sosialisasi, pencarian informasi dan pemetaan masalah, serta melakukan groundcheck hotspot apabila terdeteksi muncul hotspot, kemudian dilakukan pemadaman dini mencegah api membesar.

Diharapkan dengan patroli rutin yang dilaksanakan tim gabungan dan berbagai kegiatan pencegahan lain yang telah disebutkan, bisa mencegah terjadinya karhutla di Kabupaten Gunung Mas.

Jumat 2 September 2022 Babinsa Koramil 1016-08 Kahayan Hulu Utara Serda Heriansyah bersama Bhabinkamtibmas Polsek Kahayan Hulu Utara  Bripka Brian dan Tim Manggala Agni melaksanakan Patroli Terpadu dalam rangka Pencegahan Karhutla di Desa Tumbang Miri, Desa Teluk Kanduri dan Desa Tumbang Pasangon. 

Danramil 1016-08 Kahayan Hulu Utara Letda Inf Adi Sulistyo menuturkan mengatakan dengan adanya kegiatan patroli dan posko terpadu pencegahan karhutla diharapkan pencegahan karhutla yang melibatkan multi stakeholder akan semakin sinergitas. 

“Tim melakukan upaya terpadu, dengan tetap memperhatikan kearifan lokal masyarakat dan secara bertahap, mencari solusi bagi pembakar hutan dan lahan yang bermotif ekonomi," tandasnya. (RISKA YULYANA/B-11)

Berita Terbaru