Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Ini Dorong Masyarakat Manfaatkan Potensi SDA di Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 17 November 2022 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Legislator Kalteng, Jainudin Karim mendorong masyarakat agar dapat memanfaatkan potensi sumber daya alam (SDA) yang ada di Kalteng ini.

Menurutnya SDA di Kalteng sangat melimpah dan itu tinggal hanya bagaimana masyarakat memanfaatkannya dengan baik serta mengembangkan potensi yang ada tersebut.

"Potensi-potensi yang ada itu harus bisa dimanfaatkan, jika tidak kita akan rugi. Banyak yang bisa dikembangkan," ujarnya, Kamis, 17 November 2022.

Dia mencontohkan seperti halnya potensi membudidayakan buah-buhan tropis. Ini merupakan salah satu SDA yang bisa dimanfaatkan dan dikembangkan.

Selain itu, dengan mengembangkan buah-buahan tropis juga dapat berdampak positif terhadap perekonomian berkelanjutan, sehingga potensi ini supaya tidak disia-siakan.

"Jangan sia-siakan kesempatan, terlebih sejumlah wilayah di provinsi ini iklim dan tanahnya sangat cocok untuk budidaya buah-buahan tropis," ucapnya.

Disebutkan, buah-buahan tropis yang dapat dikembangkan diantaranya yaitu berbagai jenis durian, rambutan, mangga, markisa, salak, jeruk, lengkeng buah naga, dan lain sebagainya.

Di sisi lain, ia pun turut mendorong pemda di Kalteng ini melalui instansi terkait agar dapat mendukung masyarakat yang hendak menggeluti usaha budidaya buah-huahan itu.

"Dukungan sangat penting agar usaha masyarakat bisa maju. Pemda bisa membantu dengan memberikan bibit serta lahan, dan masyarakat mengembangkannya," imbuhnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru