Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Pusat Ingatkan Peran Penting Pemerintah Daerah Tekan Inflasi

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 09 Januari 2023 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Pemerintah pusat mengingatkan peran penting pemerintah daerah dalam menangani dan menekan inflasi yang terjadi di Indonesia.

“Peran Pemerintah Daerah sangat penting,” sebut Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian saat memimpin rapat pengendalian inflasi bersama pemerintah daerah secara virtual, Senin, 9 Januari 2023.

Tito menekankan perlunya kerja sama pemerintah pusat dan seluruh pemerintah daerah dalam mengoptimalkan penekanan inflasi.

Ia menyampaikan peran pemerintah daerah terlihat dari inflasi nasional pada bulan September yaitu 5,9 persen dan turun pada bulan Oktober yaitu 5,7 persen.

“BI memperkirakan akan terjadi penurunan sedikit di bulan November, tetapi ternyata kita bisa menyentuh angka 5,42 persen,” tuturnya.

Sedangkan untuk kondisi inflasi di akhir tahun, Badan Pusat Statistik (BPS) merilis angka inflasi dengan kenaikan sedikit yaitu 5,51 persen.

“Tetapi kita tidak perlu berkecil hati karena ada natal dan tahun baru (nataru), otomatis meningkat,” ucapnya.

Turut hadir dalam rapat inflasi secara virtual perwakilan dari Kalteng mulai dari Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Kalteng H. Nuryakin, perwakilan Perangkat Daerah Provinsi Kalteng terkait, TPID Provinsi Kalteng, dan perwakilan Perum Bulog Kalteng. (HERMAWAN DP/Y)

Berita Terbaru