Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPDPKS Sebut Pentingnya Penguatan Diplomasi Komoditas Sawit

  • Oleh Testi Priscilla
  • 12 Februari 2023 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pelaksana Tugas Direktur Kemitraan, Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS, Kabul Wijayanto menyebut betapa pentingnya penguatan diplomasi komoditas sawit untuk dilakukan.

"BPDPKS menilai pentingnya integrasi dari semua stakeholder untuk memperkuat Diplomasi Komoditas khususnya sawit," kata Kabul dalam rilisnya pada Minggu, 12 Februari 2023.

Hal ini disampaikan Kabul terkait dengan EU Regulation on Deforestation-Free Supply Chains yang telah disetujui penetapannya pada tanggal 6 November 2022 dan akan memasuki tahap entry into force pada Mei atau Juni 2023.

"Tanpa adanya integrasi semua pihak, akan sulit memenangkan diplomasi ke Eropa, karena banyak dan beragamnya hal yang diangkat Eropa," kata Kabul menyampaikan tanggapannya.

Keseriusan permasalahan ini dibuktikan BPDPKS dengan telah dilakukannya FGD Penguatan Diplomasi Komoditas Indonesia di Tengah Proliferasi Kebijakan Keberlanjutan Eropa di Medan bulan lalu.

"Tujuan dari FGD tersebut antara lain adalah untuk memperoleh tanggapan dan pandangan para pemangku kepentingan lokal untuk sawit dan karet alam terkait proliferasi kebijakan keberlanjutan yang tidak berimbang dan cenderung diskriminatif terhadap komoditas Indonesia," kata Dirjen Kerjasama Multilateral Kementerian Luar Negeri, Tri Tharyat dalam rilis yang sama. (TESTI PRISCILLA/Y)

Berita Terbaru