Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

440 Warga Pahandut Terkena ISPA Bulan September

  • Oleh Pathur Rahman
  • 27 September 2023 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Berdasarkan data dari BLUD UPT Puskesmas Pahandut, pada bulan September ini, ada sebanyak 440 warga sekitar yang terkena Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA).

Hal tersebut dibenarkan Kepala BLUD UPT Puskesmas Pahandut dr Muhammad Rizal, dimana akhir - akhir ini masyarakat yang meminta layanan kesehatan di BLUD UPT Puskesmas Pahandut.

Rata - rata membawa keluhan mulai batuk, pilek, sesak nafas akibat alergi udara dan masyarakat yang memiliki riwayat penyakit asma juga mengeluh mengalami sesak nafas akibat kabut asap.

"Kalau secara angka atau persentase warga yang terkena ISPA di bulan September ini meningkat sekitar 440 persen daripa bulan Agustus, yang nol kasus masyarakat terkena ISPA," Katanya, Rabu, 27 September 2023.

Lebih lanjut pria yang pernah menjabat sebagai Kepala UPT Puskesmas Panarung ini menambahkan, adapun langkah-langkah yang pihaknya lakukan untuk menangani penderita ISPA.

Berupa tindakan pemeriksaan intensif, terapi oral menggunakan obat - obatan dan penggunaan O2 oksigenasi serta Nebulizer apabila ada masyarakat yang datang ke BLUD UPT RSUD mengeluh sesak nafas.

"Dalam melakukan penanganan medis kepada masyarakat, kami juga mensosialisasikan bahaya ISPA serta pencegahannya sesuai arahan Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya drg Andjar Hari Purnomo," pungkasnya. (PATHUR/J)

Berita Terbaru