Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Utamakan Kepentingan Masyarakat Dalam Pengelolaan SDA

  • Oleh Donny Damara
  • 17 Januari 2024 - 13:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi II DPRD Kalteng, Achmad Rasyid mengatakan dalam pengelolaan sumber daya alam (SDA) tentu kepentingan masyarakat menjadi salah satu yang perlu diutamakan.

"Dalam pengelolaan SDA itu harus mengakomodir tiga kepentingan yaitu pemerintah, investor dan masyarakat. Nah, masyarakat harus diutamakan jangan hanya dijadikan penonton," katanya, Rabu, 17 Januari 2024.

Rasyid menjelaskan, di dalam pengelolaan SDA apabila hanya mementingkan kepentingan tertentu saja maka hal itu akan sangat rawan dapat menimbulkan berbagai persoalan seperti halnya konflik, dan ini yang sering terjadi.

"Karena pada dasarnya ketika pemerintah menyetujui investasi masuk untuk mengelola SDA yang ada itu ada yang harus diperhatikan yaitu masyarakat terutama yang berada disekitar perusahaan tersebut," ucapnya.

Maka dari itu, lanjutnya pemberdayaan misalnya memperkerjakan masyarakat lokal dan menyalurkan hak masyarakat seperti plasma serta CSR menjadi tanggung jawab dan kewajiban yang harus diperhatikan.

"Di dalam undang-undang itu sudah ada tertuang, wajib bagi investasi atau perusahaan mentaati itu, dan ketika dilupakan pemerintah harus berperan aktif mendorong perusahaan agar bisa menyalurkan hak tersebut," tuturnya.

Dirinya berharap, dengan adanya perhatian dan mengutamakan kepenting masyarakat dalam mengelola SDA di provinsi ini, kedepan tidak ada lagi konflik yang melibatkan masyarakat denga pihak perusahaan.

"Tentu kita menginginkan investasi di Kalteng ini sehat, jauh dari berbagai persoalan atau konflik yang dapat merugikan. Harapan kita adanya investasi itu saling menguntungkan dan memberikan manfaat bagi semua," pungkasnya. (DONNY D/j)

Berita Terbaru