Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Selatan Ingatkan SKPD Efisiensikan Perjalanan Dinas

  • Oleh Uriutu
  • 27 Januari 2017 - 12:38 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Pj Bupati Barito Selatan (Barsel), H. Mugeni mengingatkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), agar efisien dalam perjalanan dinas dan mengurangi kegiatan bersifat seremonial. Itu antara lain yang harus dilakukan agar anggaran pembangunan tepat sasaran.

"Hal itu perlu diupayakan untuk penghematan anggaran, sehingga pelaksanaan APBD 2017 benar-benar menyentuh kepentingan masyarakat," kata Mugeni kepada Borneonews, di Buntok, Jumat (27/1/2017), usai menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), sebagai awal dari rangkaian proses pelaksanaan APBD Barito Selatan 2017.

Ia mengatakan, setelah diserahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran, ada beberapa hal yang perlu dilakukan SKPD oleh SKPD. Di antaranya, melakukan percepatan dalam proses penetapan pejabat pengelola dan pengelola kegiatan pada masing-masing SKPD, sehingga dapat langsung bekerja sesuai DPA yang sudah disahkan.

Segera melakukan proses pengadaan barang dan jasa sesuai dengan regulasi dan ketentuan yang berlaku. Lakukan percepatan pelaksanaan program di masing-masing SKPD, baik oleh pihak ketiga dan swakelola. "Dengan begitu penyerapan anggaran tidak menumpuk pada triwulan ke IV atau akhir tahun anggaran," tekan dia.

Nantinya, kata Mugeni, progres pelaksanaan kegiatan dilaporkan secara rutin termasuk jika ada permasalahan dalam pelaksanaannya. Hal itu sesuai mekanisme yang diatur dalam PP 39/2006 tentang tatacara pengendalian pelaksanaan anggaran.

"Dan lebih penting, efisiensi perlu dilakukan terhadap belanja operasional baik belanja pegawai dan barang jasa. Efisiensi ini untuk memperbesar belanja modal yang akan langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," kata Bupati Barsel, Mugeni. (URIUTU DJAPER/N).

Berita Terbaru