Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

RT/RW Garda Terdepan Pembangunan

  • 23 Februari 2017 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pejabat (Pj) Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Nurul Edy, menyebutkan rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW) harus diperkuat, sehingga bisa menjalankan sebagian tugas pembangunan.

"RT/RW merupakan garda terdepan pembangunan dan menjadi ruang interaksi bagi masyarakat," terang Nurul Edy, Kamis (23/2/2017).

Nurul Edy menjelaskan, pembangunan bertujuan menyempitkan ketimpangan dan menyejahterakan rakyat. "Kalau itu ingin terjadi, maka komponen masyarakat harus terlibat dan yang paling depan ada di RT-RW," katanya.

Pihaknya, lanjut dia, akan mulai merancang bagaimana organisasi RT/RW mendapatkan porsi peran yang lebih baik dalam pembangunan di Kabupaten berjuluk Marunting Batu Aji ini. "Peran koordinasi harus dimaksimalkan, RT/RW tidak hanya berperan dalam administrasi," sebutnya.

Peran RT/RW, imbuh Nurul Edy, juga terkait dengan keamanan di lingkungannya masing-masing. Tidak hanya itu, kebersihan lingkungan juga menjadi salah satu tanggungjawab mereka.

"Keamanan dan kebersihan juga menjadi tanggungjawab masing-masing RT/RW. Dengan menghidupkan peran RT/RW, persoalan keamanan dan kebersihan ini dapat teratasi," pungkasnya. (FAHRUDDIN FITRIYA/B-10Nu)

Berita Terbaru