Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengembangan Ternak Sapi Harus Ada Evaluasi

  • Oleh Naco
  • 08 Juli 2017 - 22:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sekretaris Komisi II DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Alexius Esliter meminta agar pengembangan ternak sapi agar dievaluasi setiap tahun, agar hasilnya bisa tercapai.

Menurut Alexius, program pengembangan sapi harus didorong agar swasembada daging dapat tercapai di Kabupaten Kotawaringin Timur, namun ia tidak ingin program yang digelontorkan melalui APBD Kotim tersebut setiap tahunnya gagal.

"Pembagian bibit sapi itu harus berkembang, jangan setiap tahun diberikan lalu dipotong pengembangannya tidak ada, akibatnya setiap tahun kita selalu menggelontorkan dana," kata Alexius.

Jika demikian terjadi, tentu program itu dinilai gagal. Karena sapi yang didatangkan tidak dikembangkan. "Harusnya setiap induk sapi yang diberikan jika sudah melahirkan diberikan lagi ke peternak lain induknya agar terus berkembang," tukasnya.

Maka dari itu Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kotim harus selalu melakukan evaluasi dan pengawasan agar tepat sasaran. "Sayang sekali jika tidak dikembangkan dengan baik, karena dana yang diberikan itu tidak sedikit untuk membeli sapi tersebut," tegasnya.

Menurut Alexius, Kabupaten Kotim harus mampu mencapai swasembada daging, agar tidak lagi berketergantungan dengan daerah lain, karena selama ini Kotim masih memasuk sapi dari luar daerah seperti Pulau Jawa, Kalimantan Selatan hingga Sulawesi. (NACO/B-5)

Berita Terbaru