Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ada yang Tidak Sejutu, Relokasi Taluk Dalam Ditangguhkan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 23 Februari 2018 - 16:42 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wacana relokasi kawasan Taluk Dalam, Kelurahan Mentawa Baru Hilir, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) masih ditangguhkan. Pasalnya, sebagian warga ada yang tidak setuju. 

"Ini masih kami lakukan pendataan dan sosialisasi. Karena masih ada warga yang tidak mau tempat tinggalnya direlokasi," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kotim, Machmoer, Jumat (23/2/2018).

Dia menjelaskan, untuk revitalisasi kawasan itu ada dua opsi. Apakah masyarakat yang tinggal di sana setuju kalau direlokasi. Atau hanya setuju ditata pemerintah agar tidak kumuh seperti saat ini. 

"Kalau mereka ingin direlokasi, maka nantinya kami akan menyiapkan tempat. Namun kalau hanya ditata, maka kami akan siap melakukan penataan ulang. Agar kumuh dan kalau terjadi kebakaran di suatu tempat, tidak cepat menjalar seperti beberapa waktu lalu," kata Machmoer. 

"Nanti kami akan paparan di pusat tentang ini. Sosialisasi juga sambil kami lakukan agar tidak ada benturan di masyarakat. Sedangkan untuk rencana relokasi akan dibahas pada 2018, dan untuk program pelaksanaannya yakni 2019," imbuh Machmoer.

Dia mengatakan, banyak instansi lain yang akan terlibat dalam pelaksanaan relokasi dan penataan tersebut. Di antaranya Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Sosial, Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan lainnya.

Sebelumnya, Bupati Kotim Supian Hadi, beberapa waktu lalu langsung turun ke kampung Taluk Dalam yang terbakar. Dia menawarkan untuk masyarakat sekitar tentang relokasi kawasan kumuh tersebut. (MUHAMMAD HAMIM/B-11) 

Berita Terbaru