Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Desa Kubu Ini Dijuluki Panglima Mangrove

  • Oleh Wahyu Krida
  • 13 Oktober 2018 - 11:46 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun- Lantaran pengetahuannya terhadap tanaman mangrove atau bakau, para aktivis konservasi lingkungan dan pelaku wisata di Kabupaten Kobar menjuluki Suryansyah, 54, sebagai Panglima Mangrove.

Menurut salah seorang aktivis lingkungan yang beraktivitas di Kabupaten Kobar, Basuki Budi Santoso, pengetahuan Suryansyah dalam hal konservasi mangrove sudah tidak diragukan lagi.

"Dia sangat mengenal lebih dari 20 jenis mangrove yang tumbuh di Kabupaten Kobar bahkan hingga nama latinnya. Demikian juga dengan bagaimana dan di mana mangrove tersebut tumbuh, dia bisa menjelaskan dengan lancar. Rasanya pengetahuan saya tidak sedalam Beliau mengenai hal itu," ujar Basuki yang bekerja untuk Friend Of National Parks Foundation (FNPF), Sabtu (13/10/2018).

Lantaran pengetahuannya yang mumpuni di bidang mangrove, Suryansyah sering kali dikunjungi banyak akademisi yang berminat mempelajari mangrove.

"Beberapa waktu lalu, di FNPF kami pernah kedatangan peneliti mangrove dari Belanda yang kebetulan menjadi volunteer. Orang Belanda itu malah terheran-heran melihat pengetahuan Pak Suryansyah. Sebab dalam mengidentifikasi mangrove lebih hebat dari dirinya," lanjut Basuki lagi.

Di tempat terpisah, pelaku wisata di Kabupaten Kobar, Ahmad Yani, juga mengakui dalamnya pengetahuan Suryansyah, yang tinggal di RT 8, Desa Kubu, Kecamatan Kumai. 

"Beberapa kali saya membawa wisatawan mancanegara yang kebetulan adalah peneliti kelautan. Karena itulah saya sengaja mengajak Bang Suryansyah untuk menemani kami agar bisa menjelaskan mengenai mangrove. Hasilnya para peneliti tersebut terkagum-kagum pada Bang Suryansyah."

"Bahkan beberapa kali mereka terkejut saat menemui berbagai jenis mangrove yang selama ini hanya bisa ditemui dalam bentuk gambar di buku-buku yang mereka pelajari. Namun mangrove tersebut bisa ditunjukkan secara langsung oleh Bang Suryansyah," tutur Ahmad Yani.

Karena itulah para aktivis konservasi lingkungan dan pelaku wisata menjuluki Suryansyah dengan sebutan 'Panglima Mangrove'.

"Kami rasa julukan itu wajar saja. Untuk urusan mangrove dia bagaikan ensiklopedia berjalan," ujar Ahmad Yani. (KRIDA/B-3)

Berita Terbaru