Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kapolres Murung Raya Ingatkan Waspada Aksi Kriminal Jelang Lebaran

  • Oleh Syahriansyah
  • 02 Juni 2019 - 10:56 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu- Kapolres Murung Raya (Mura) AKBP Esa Estu Utama mengingatkan masyarakat supaya mewaspadai ancaman dan kerawanan kriminalitas jelang Lebaran.

“Saya imbau masyarakat lebih waspada terhadap aksi kejahatan jelang Lebaran seperti saat ini. Dengan kewaspadaan akan mencegah masyarakat menjadi korban” tutur Kapolres kepada Borneonews.co.id, saat dihubungi via ponsel, Minggu, 2 Juni 2019.

Kapolres mengatakan, menjelang Lebaran biasanya muncul aksi kejahatan, seperti perampokan, pencurian, jambret, copet, dan tindak kriminal lainnya.

Maka dari itu, perlu kewaspadaan seluruh masyarakat untuk meminimalisasinya. Beberapa langkah antisipasi yang bisa dilakukan di antaranya tidak menggunakan perhiasan mencolok ke keramaian, berhati-hati terhadap harta benda seperti kendaraan bermotor, dan segera melapor bila ada yang terlihat mencurigakan di lingkungan tempat tinggal.

Meski demikian, lanjut Kapolres, aksi kejahatan jelang Lebaran di Kabupaten Mura tidak begitu signifikan. Namun, bukan berarti masyarakat lalai dalam mengantisipasinya.

“Terus waspada, jangan sampai menjadi target aksi kejahatan. Karena kewaspadaan mempersempit peluang bagi para pelaku kejahatan” lanjut Kapolres.

Ia juga mengingatkan agar masyarakat yang akan mudik Lebaran untuk memastikan rumah dan harta benda yang ditinggalkan tetap aman serta melaporkan keaparat kepolisian. Karena rumah kosong yang ditinggal mudik kerap menjadi sasaran pencurian.

Selain itu, Polres akan melakukan peningkatan intensitas patroli, termasuk ke permukiman masyarakat dan lokasi rawan aksi kejahatan, serta melakukan sosialisasi mengenai pentingnya menjaga kondusifitas keamanan jelang Idulfitri 1440 Hijriah.  (RIANSYAH/B-3)

Berita Terbaru